SBY belum pertimbangkan cari Kepala BKPM baru



JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum mengeluarkan instruksi apa pun terkait pergantian Kepala Badan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang saat ini masih dirangkap oleh Menteri Keuangan, Chatib Basri.

Menurut Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah, SBY masih belum mengeluarkan instruksi kepada bawahannya untuk mencari atau menyeleksi calon kepala BKPM. "Sampai saat ini belum ada instruksi dari bapak Presiden terkait calon kepala BKPM," ujar Firmanzah kepada KONTAN, Selasa (9/7).

Firmanzah enggan menerka-nerka siapa nantinya yang akan menggantikan Chatib atau apakah SBY memilih calon Kepala BKPM. Sebab, jika Presiden tidak memilih calon kepala BKPM, maka Chatib akan merangkap jabatan sampai akhir masa kekuasaan SBY-Boediono pada tahun 2014 mendatang. 


"Nanti kalau pun ada pergantian, kita tunggu saja pengumuman resmi dari bapak presiden," jawab Firmanzah diplomatis ketika didesak apakah ada kemungkinan Presiden memang berniat mencari kepala BKPM baru atau tidak.

Namun, tampaknya, SBY lebih nyaman dengan Chatib. Pasalnya, saat memilih Chatib menjadi Menteri Keuangan, SBY memujinya karena selama menjabat kepala BKPM, investasi di Indonesia meningkat pesat.

Apalagi, ruang lingkup tugas Kepala BKPM dengan Menteri Keuangan masih saling berhubungan. Karena itu, jika Chatib masih merasa sanggup merangkap jabatan, kemungkinan besar SBY tidak akan memilih kepala BKPM baru.

Sebelumnya, berembus kabar bahwa Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan dijagokan sebagai calon kuat Kepala BKPM. Namun belakangan, Karen dipilih kembali menjadi Direktur Utama Pertamina untuk masa jabatan 5 tahun mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan