SBY minta pemda antisipasi banjir hingga Maret



JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan seluruh gubernur di Indonesia untuk tetap siaga terhadap potensi banjir dan bencana alam di wilayah masing-masing.

Pasalnya, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang disampakan kepadanya, hujan lebat masih melanda Indonesia sampai Maret 2014. "Untuk diketahui, bahwa BMKG menjelaskan iklim cuaca kita sampai Maret masih akan seperti ini. Oleh karena itu, sejumlah provinsi akan ada bencana banjir atau tanah longsor meskipun tidak meluas di masing-masing provinsi, tapi ada," ujar SBY dalam konferensi pers usai rapat terbatas soal penanganan bencana, di Kantor Presiden, Selasa (21/1). Menurut Presiden, fenomena cuaca saat ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia. Ia mengatakan, di sejumlah negara di dunia juga mengalami bencana banjir, kebakaran hutan dan bencana alam lainnya.

Untuk mengantisipasi tidak terjadinya korban, SBY telah menginstruksikan langsung kepada gubernur yang daerahnya tengah mengalami musibah bencana. Presiden telah meminta agar gubernur Jambi, Bengkulu, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jakarta, Sumatera Utara dan Maluku, agar menangani banjir dan bencana di daerahnya dengan maksimal. Ia meminta agar para gubernur tersebut mengelola bencana di daerah mereka secara benar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan