SBY pimpin peringatan HUT RI di Istana



JAKARTA. Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Minggu (17/8) pagi ini. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menjadi inspektur upacara pengibaran sang saka Merah Putih.

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengungkapkan bahwa Istana telah menyebarkan undangan ke beberapa tamu penting termasuk di antaranya yakni mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden beserta keluarganya.

Duta-duta besar dari negara sahabat juga diundang dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-69 kali ini. Nantinya, pengibaran bendera Merah Putih akan dilakukan oleh anggota Paskibraka yang merupakan putra-putri terbaik di 34 provinsi di Indonesia.


Pasukan Paskibraka ini telah berlatih selama satu bulan di Jakarta dan telah dilantik Presiden SBY pada Kamis (14/8/2014) lalu.

Selain pengibaran bendera, peringatan HUT RI juga akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian tari dan paduan suara yang menyajikan kebudayaan Indonesia dari mulai Aceh hingga Papua.

Siang harinya, pukul 12.00 WIB, Presiden akan beramah-tamah dengan para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredhatama, warakawuri, pahlawan nasional, dan Angkatan 45 di Istana Negara.

Minggu sore, Presiden akan memimpin Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka, diawali dengan pertunjukan marching band dan kesenian pada pukul 15.00 WIB. Sedangkan pada pukul 20.00 WIB, Presiden SBY akan menghadiri resepsi kenegaraan di halaman tengah antara Istana Merdeka dan Istana Negara. (Sabrina Asril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie