SBY tuding bankir jadi biang malapetaka ekonomi



JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan, perbankan sangat penting untuk menggerakkan perekonomian. Namun, di sisi lain, SBY bilang, perbankan-lah yang menjadi awal malapetaka perekonomian dunia.

"Bank dan perbankan sering menjadi awal dari malapetaka perekonomian di dunia. Krisis 2008-2009 dipicu krisis perbankan, kolapsnya bank pada tingkat dunia," kata SBY di Jakarta, Jumat (10/8).

Situasi tersebut kembali terulang mana kala krisis terjadi di benua biru Eropa. SBY menyebutkan, lagi-lagi karena ulah dari perbankan. "Sekarang krisis 2011-2012 ada bank di Eropa yang sekali bailout US$100 miliar, setara Rp1000 triliun. Di negara kita, 1998, krisis perekonomian dahsyat dipicu krisis perbankan," ujarnya.


Presiden menuturkan, peran perbankan saat tidak ada krisis sangat signifikan mendongkrak laju pertumbuhan. Bank akan sangat agresif menyalurkan kredit dengan memberikan sejumlah kemudahan. "Juga ada usaha simpan pinjam dan usaha lain yang diperlukan masyarakat," katanya.

Oleh sebab itu, SBY meminta bankir menjalankan praktiknya dengan baik dengan mengetengahkan misi untuk perekonomian dan rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri