SCGP Umumkan Yustinus Yusuf Kusumah Jadi Presiden Direktur PT Fajar Surya Wisesa Tbk



KONTAN.CO.ID - Salah satu anak perusahaan SCGP di Indonesia, FajarPaper, telah menunjuk Bapak Yustinus Yusuf Kusumah sebagai Presiden Direktur yang baru, efektif pada 20 September 2024. Bapak Yustinus Yusuf Kusumah memiliki sekitar 30 tahun pengalaman di bisnis kertas kemasan dan telah menduduki beberapa posisi manajemen kunci di FajarPaper, termasuk sebagai anggota Dewan Direksi.

FajarPaper adalah produsen kertas terkemuka di Indonesia dan merupakan bagian dari Grup SCGP, penyedia solusi kemasan konsumen multinasional terkemuka. Dengan kapasitas produksi tahunan mencapai lebih dari 1,5 juta ton, FajarPaper berkomitmen memproduksi kertas kemasan berkualitas tinggi secara bertanggung jawab dan mendistribusikannya kepada basis pelanggan di Indonesia dan internasional.

Mengutamakan pendekatan keberlanjutan di setiap kegiatan usahanya, FajarPaper menggunakan 100% kertas daur ulang sebagai bahan baku dan mengoptimalkan efisiensi energi dalam proses produksi. Teknologi berstandar internasional digunakan untuk menjaga keseimbangan yang harmonis antara bisnis, pelanggan, dan pemangku kepentingan.


Baru-baru ini, SCGP, bagian dari Grup Perusahaan SCG, menambah kepemilikan saham sebanyak 44,48% di FajarPaper, meningkatkan total kepemilikan SCGP di FajarPaper menjadi 99,72%. Investasi ini sejalan dengan arah strategis untuk mempercepat pertumbuhan bisnis di ASEAN dan mendukung pasar yang kuat di Indonesia dan menjadi dasar penting bagi pertumbuhan jangka panjang bisnis kemasan terpadu SCGP. SCGP berencana meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya energi di FajarPaper sebagai upaya adaptif terhadap kondisi ekonomi serta peningkatan permintaan kemasan yang didorong oleh pemulihan konsumsi domestik dan ekspor.

SCGP adalah perusahaan multinasional terkemuka dalam penyediaan solusi kemasan konsumen melalui produk dan layanan yang inovatif, termasuk kemasan fiber, kemasan polimer, perlengkapan medis dan peralatan laboratorium, kemasan layanan makanan, produk bubur kertas (pulp) dan kertas, serta berbagai solusi desain dan percetakan. SCGP berupaya untuk menginspirasi gaya hidup yang baru dengan memperkaya kehidupan individu, lingkungan, dan komunitas-komunitas, dengan penekanan khusus pada aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).

Tentang SCG

SCG merupakan pemimpin bisnis regional dengan lini bisnis utama; Cement & Green Solutions, Smart Living, Decor, Distribution & Retail, Packaging (SCGP), Chemicals, Cleanergy (Clean Energy), Logistics, Deep Technology & Digital, dan Investment. SCG berupaya menjawab kebutuhan yang beragam dari pelanggan melalui kemitraan kolaboratif dan pengembangan produk, layanan, dan solusi yang inovatif.

Tentang FajarPaper

FajarPaper merupakan salah satu perusahaan terkemuka di bidang usaha manufaktur kertas untuk kemasan yang memproduksi containerboard (liner dan corrugating medium) dan boxboard, dan dipasarkan ke dalam maupun beberapa negara lain. Dengan menggunakan 100% kertas bekas sebagai bahan bakunya, FajarPaper turut mencegah kerusakan hutan alam, pencemaran lingkungan hidup, dan menerapkan keberlangsungan dalam proses produksinya.

FajarPaper berkomitmen melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud tanggung jawab terhadap masyarakat yang mencakup bidang pendidikan, kemasyarakatan, dan lingkungan hidup. Dalam bidang pendidikan, FajarPaper memiliki program diantaranya renovasi sekolah, pemberian alat sekolah ke Sekolah Dasar, dan beasiswa. Melalui bidang kemasyarakatan atau sosial, FajarPaper membantu daerah yang terkena banjir dan menyediakan instalasi air bersih, serta aspek lingkungan, menyediakan sarana pengangkut sampah dan secara rutin juga melakukan program bersih sungai di Desa Kalijaya.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1992 dengan membuka perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industri semen, bahan bangunan, bahan kimia, dan kemasan. Hingga hari ini, SCG memiliki total 37 perusahaan di seluruh Indonesia dengan lebih dari 7.000 karyawan.

Baca Juga: Suntik Rp 9,98 Triliun, SCGP Tambah Kepemilikan di Fajar Surya Wisesa (FASW)

Selanjutnya: China Luncurkan Rudal Balistik ke Samudra Pasifik

Menarik Dibaca: Deretan Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2024 yang Bisa Jadi Referensi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti