KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) masih menghadapi sejumlah tantangan bisnis yang dapat mempengaruhi perkembangan kinerjanya di masa mendatang. Salah satu tantangan yang dihadapi emiten sektor media adalah persaingan memperebutkan pangsa pemirsa (audience share) dengan media lainnya. Analis Ciptadana Sekuritas Gani mengatakan, pangsa pemirsa sepanjang masa SCMA hingga November 2018 berada di level 32,6%. Angka ini lebih rendah ketimbang kompetitornya yang berada di posisi puncak yakni PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) di level 32,8%. Padahal, di bulan sebelumnya, SCMA memiliki nilai pangsa pemirsa sepanjang masa mencapai 33,7%. Menurutnya, penurunan tersebut disebabkan adanya beberapa konten acara SCMA yang tidak begitu dilirik penonton di luar jam prime time. Buktinya, nilai pangsa pemirsa SCMA di luar jam prime time hanya berada pada level 31,2% hingga November 2018. Lagi-lagi, SCMA menempati urutan kedua di kategori ini setelah MNCN.
SCMA perlu ikuti perubahan pola konsumsi informasi masyarakat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) masih menghadapi sejumlah tantangan bisnis yang dapat mempengaruhi perkembangan kinerjanya di masa mendatang. Salah satu tantangan yang dihadapi emiten sektor media adalah persaingan memperebutkan pangsa pemirsa (audience share) dengan media lainnya. Analis Ciptadana Sekuritas Gani mengatakan, pangsa pemirsa sepanjang masa SCMA hingga November 2018 berada di level 32,6%. Angka ini lebih rendah ketimbang kompetitornya yang berada di posisi puncak yakni PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) di level 32,8%. Padahal, di bulan sebelumnya, SCMA memiliki nilai pangsa pemirsa sepanjang masa mencapai 33,7%. Menurutnya, penurunan tersebut disebabkan adanya beberapa konten acara SCMA yang tidak begitu dilirik penonton di luar jam prime time. Buktinya, nilai pangsa pemirsa SCMA di luar jam prime time hanya berada pada level 31,2% hingga November 2018. Lagi-lagi, SCMA menempati urutan kedua di kategori ini setelah MNCN.