Surya Citra Media: Spending iklan awal tahun meningkat



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis media televisi tahun ini diyakini mulai membaik. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mengakui pada awal tahun ini industri televisi mengalami perbaikan. Sepanjang tahun lalu, industri tv mengalami penurunan sekitar 8% yang berdampak pada semua pemain.

Sutanto Hartono, Direktur Utama SCMA menyampaikan belanja iklan di awal tahun ini meningkat. Ini menandakan  pelaku usaha mulai optimistis terhadap perekonomian domestik.

"Tahun ini di Januari-Februari, indikasinya lebih positif. Jadi ada beberapa produk di kuartal I yang sudah launching, kalau tahun lalu mereka wait and see karena politik dan sebagainya," ujar Sutanto di Jakarta, Selasa (20/2).


Sutanto berharap tren ini terus stabil sampai akhir tahun nanti sehingga industri bisa bertumbuh sekitar 6%-8%. Khusus untuk SCMA, Sutanto menargetkan bisa bertumbuh seiring dengan pertumbuhan industri, namun jika stabil, ia yakin bisa tumbuh lebih tinggi.

"Kalau terus kuat seperti ini dan makro ekonomi serta spending iklan(Advertising expenditure/Adex) meningkat, kami harapkan bisa lebih tinggi," lanjutn Sutanto.

Tahun ini dengan adanya dua event besar olahraga yakni Asian Games dan Piala Dunia, ditambah dengan gelaran Pilkada, Sutanto berharap pertumbuhan industri televisi bisa bertambah. Katalis terbesar menurutnya akan didorong oleh pelaksanaan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

"Imbas Asian Games akan lebih terasa meskipun Adexnya akan terbagi, karena sebagian itu tidak ke media. Inasgoc bisa spending untuk office sponsor jadi itu bagian dari Adex juga, kalau itu pasti sudah bertumbuh," tutup Sutanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi