Scoot Buka Rute Penerbangan Langsung Singapura–Kertajati



KONTAN.CO.ID - Scoot, maskapai penerbangan bertarif terjangkau yang juga merupakan anak perusahaan Singapore Airlines (SIA), secara resmi mengoperasikan penerbangan perdana dari Bandar Udara Internasional Changi Singapura (SIN) ke Bandara Internasional Kertajati (KJT). Penerbangan perdana ini sekaligus menandai pertama kalinya Scoot mengoperasikan pesawat Embraer E190-E2 di Indonesia dan memperkuat jaringan internasional Kertajati sebagai salah satu gerbang udara baru di Indonesia.

Ke depannya, Scoot akan melayani penerbangan rute ini dengan jadwal keberangkatan dari Singapura pada pukul 05.00 waktu setempat dan tiba di Kertajati pada pukul 06.05 waktu setempat. Penerbangan kembali dari Kertajati menuju Singapura dijadwalkan pada pukul 06.40 waktu setempat. Rute ini akan beroperasi dengan frekuensi dua kali dalam seminggu, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para wisatawan dan pebisnis yang bepergian antara kedua kota ini.

Pesawat E190-E2 yang digunakan untuk penerbangan rute ini dikenal sebagai salah satu pesawat generasi terbaru yang menawarkan efisiensi bahan bakar, emisi karbon lebih rendah, tingkat kebisingan minim dan kenyamanan perjalanan bagi para penumpangnya.


Bandara Internasional Kertajati (KJT) yang juga dikenal dengan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, memiliki peran strategis sebagai pusat penerbangan baru di Indonesia. Keberadaan bandara ini diharapkan menjadi salah satu bandara modern yang siap mendukung kemajuan kawasan dan kemudahan akses internasional di Jawa Barat dan sekitarnya.

PT JAS Aero Engineering Services (JAE) yang merupakan mitra Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) untuk Scoot telah dipercaya untuk memastikan operasional penerbangan memenuhi standar keamanan dan keselamatan melalui layanan sertifikasi kelayakan pesawat untuk terbang. Selain di Bandar Udara Internasional Kertajati, saat ini JAE juga mendukung operasional penerbangan Scoot di beberapa kota besar di Indonesia yang meliputi Jakarta, Bali, Makassar, Pekanbaru, Balikpapan, Manado, Lombok, dan Yogyakarta.

"Kami sangat antusias untuk mendukung operasional Scoot di Bandara Internasional Kertajati. terlebih lagi penerbangan ini menggunakan pesawat Embraer E190-E2 yang merupakan salah satu pesawat generasi baru yang mendukung efisiensi dan keberlanjutan sektor penerbangan. Kami juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Scoot kepada JAE untuk melayani operasionalnya di berbagai bandara di Indonesia.

Dengan dukungan jaringan kami yang luas, kami bertekad untuk terus memberikan layanan terbaik demi mendukung kelancaran operasional Scoot kedepannya dan memberikan dukungan terbaik bagi industri penerbangan yang terus berkembang,” Ujar Iman Sinambela, Presiden Direktur PT JAS Aero Engineering Services.

Rute baru Scoot dari Singapura ke Kertajati diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas internasional di Jawa Barat, membuka peluang ekonomi baru, dan memperkuat infrastruktur penerbangan di wilayah ini.

Dengan adanya dukungan teknis JAE yang berorientasi pada keamanan dan keselamatan, serta penggunaan pesawat Scoot E190-E2 yang ramah lingkungan, penerbangan ini menjadi langkah penting dalam memajukan sektor penerbangan sekaligus memberikan pengalaman terbaik bagi para penumpang.

Tentang PT JAS Aero Engineering Services

PT JAS Aero Engineering Services (JAE) adalah penyedia layanan Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) yang telah melayani lebih dari 40 maskapai dari Eropa, Amerika Serikat, Timur Tengah, Australia, dan Asia di Indonesia sejak 2003. JAE merupakan usaha joint venture antara PT Cardig Aero Services, Tbk (CAS) dan SIA Engineering Company (SIAEC) yang telah diakui oleh DGCA Indonesia, FAA, EASA, CAAS, CASA, CAAM, dan otoritas negara-negara lainnya. Dengan misi yang telah dijalankan selama bertahun-tahun, yaitu memberikan pelayanan berstandar tinggi yang selalu menjaga kesesuaian dengan regulasi, standart pabrikan dan konsisten menjaga kesesuaian prosedur customer untuk mencapai kepuasan pelanggan, standar kelaikudaraan serta standar keselamatan yang tinggi, JAE terus berupaya untuk mencapai visi menjadi pilihan terbaik sebagai penyedia layanan pemeliharaan dan dukungan pesawat bagi maskapai penerbangan domestik dan internasional di Indonesia.

Baca Juga: Tambah 1 Lagi, Total ada 4 Maskapai Asing yang Bakal Buka Rute Baru di Indonesia

Selanjutnya: BSI Maslahat&BSI Selenggarakan Program Bela Negara BSIScholarship Pelajar di Makassar

Menarik Dibaca: Kumpulan Ucapan Hari Jantung Sedunia 2024 untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti