JAKARTA. Biarpun masih berfokus pada pasar ekspor, PT Merck Sharp Dohme Pharma Tbk (SCPI) tetap akan berusaha meningkatkan penetrasi pasar domestik. Caranya adalah dengan berpatisipasi secara selektif dan terbatas dalam pengadaan produk di program BPJS. Direktur Merck Sharp Dohme, Novian Zein mengatakan ada beberapa produk obat perusahaan yang sudah terdaftar dalam e-katalog produk obat BPJS seperti obat tumor otak. "Ada beberapa produk kami yang masuk ke dalam daftar BPJS sehingga kami ikut berpartisipasi di sana," kata Novian. Selain itu, perusahaan juga akan melakukan ekspansi pemasaran ke beberapa kota-kota baru, khususnya kota lapis kedua di seluruh Indonesia. Pada tahun depan, perusahaan sudah merencanakan untuk melanjutkan ekspansi pemasaran ini dan meningkatkan kerjasama dengan mitra lokal. Sayang, Novian tidak menyebut kota mana yang menjadi incaran perseroan untuk melakukan ekspansi pemasarannya.
SCPI incar penjualan domestik tumbuh 20% di 2015
JAKARTA. Biarpun masih berfokus pada pasar ekspor, PT Merck Sharp Dohme Pharma Tbk (SCPI) tetap akan berusaha meningkatkan penetrasi pasar domestik. Caranya adalah dengan berpatisipasi secara selektif dan terbatas dalam pengadaan produk di program BPJS. Direktur Merck Sharp Dohme, Novian Zein mengatakan ada beberapa produk obat perusahaan yang sudah terdaftar dalam e-katalog produk obat BPJS seperti obat tumor otak. "Ada beberapa produk kami yang masuk ke dalam daftar BPJS sehingga kami ikut berpartisipasi di sana," kata Novian. Selain itu, perusahaan juga akan melakukan ekspansi pemasaran ke beberapa kota-kota baru, khususnya kota lapis kedua di seluruh Indonesia. Pada tahun depan, perusahaan sudah merencanakan untuk melanjutkan ekspansi pemasaran ini dan meningkatkan kerjasama dengan mitra lokal. Sayang, Novian tidak menyebut kota mana yang menjadi incaran perseroan untuk melakukan ekspansi pemasarannya.