KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Studi Kantar menemukan, sebanyak 70% populasi internet di Indonesia menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung kreativitas. Termasuk dalam content creation. Di antara pengguna tersebut, Gen Z merupakan salah satu generasi yang aktif menggunakan AI. Riset Kantar menemukan, 71% responden menggunakan AI untuk meminimalisir waktu dan usaha. Lalu, 69% responden mengatakan AI membantu proses kreatif jadi lebih efisien dan praktis. Sementara 65% responden mengaku AI membantu memberikan hasil yang lebih kreatif dan inovatif. "Sebagian besar populasi digital di Indonesia telah berinteraksi dengan AI, terutama dalam aktivitas pencarian dan kreasi. AI tidak hanya berperan penting meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu, tapi juga menjadi kolaborator kreatif yang membantu menghasilkan ide dan merancang eksekusi secara lebih optimal,” jelas Ummu Hanni, Associate Director Kantar Indonesia, Kamis (6/2).
Sebagian Besar Populasi Digital Indonesia Berinteraksi Dengan Kecerdasan Buatan
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Studi Kantar menemukan, sebanyak 70% populasi internet di Indonesia menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung kreativitas. Termasuk dalam content creation. Di antara pengguna tersebut, Gen Z merupakan salah satu generasi yang aktif menggunakan AI. Riset Kantar menemukan, 71% responden menggunakan AI untuk meminimalisir waktu dan usaha. Lalu, 69% responden mengatakan AI membantu proses kreatif jadi lebih efisien dan praktis. Sementara 65% responden mengaku AI membantu memberikan hasil yang lebih kreatif dan inovatif. "Sebagian besar populasi digital di Indonesia telah berinteraksi dengan AI, terutama dalam aktivitas pencarian dan kreasi. AI tidak hanya berperan penting meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu, tapi juga menjadi kolaborator kreatif yang membantu menghasilkan ide dan merancang eksekusi secara lebih optimal,” jelas Ummu Hanni, Associate Director Kantar Indonesia, Kamis (6/2).