Sebanyak 1.700 ASN Mulai Pindah ke IKN Bulan Oktober 2024



KONTAN.CO.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, sebanyak 1.700 Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal mulai dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur mulai Oktober 2024.

Jumlah tersebut disesuaikan dengan hunian yang telah siap di ibu kota baru tersebut. Dia menyebut, sebanyak 47 tower akan selesai pada Oktober 2024.

Baca Juga: Jokowi Ajak Jajarannya Berbelanja Produk Lokal, Gara-Gara PMI Manufaktur Anjlok


"Berbagai skenario by name by address telah kami siapkan, tentunya kami menyesuaikan dengan hunian yang disiapkan di IKN ini. Dari Hunian yang disiapkan Insya Allah sampai Oktober akan selesai 47 Tower sebagian ini 12 Tower untuk TNI Polri, sebagian untuk ASN," kata Anas dalam keterangannya sebelum sidang kabinet paripurna di IKN, Senin (12/8/2024).

Anas menuturkan, ribuan ASN yang bakal dipindah itu berdasarkan skenario tanpa berbagi hunian. Adapun jika dengan skenario berbagi hunian, maka ada 3.200 ASN yang bisa dipindahkan.

"Kami juga telah membuat skenario tadinya kalau sharing berapa, kalau tidak sharing (berapa). Di bulan Oktober akan bisa pindah 3200 ASN, tapi kalau tidak sharing ada 1700-an," ucap dia.

Baca Juga: Dampingi Jokowi Pantau Pembangunan IKN, Prabowo Janji Pembangunan Berlanjut

Lebih lanjut ia menyampaikan, ASN yang sudah menikah tidak perlu berbagi hunian Hal ini berdasarkan arahan terbaru Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas.

Untuk kebutuhan sekolah anak-anak ASN, pemerintah bakal menyiapkan sarana dan prasarana di sekitar apartemen demi menunjang kebutuhan tersebut.

"Bagi mereka yang sudah menikah tidak lagi sharing di apartemennya, supaya ada fokus dari seluruh ASN yang akan pindah ke IKN ini. Sehingga dengan demikian jangan khawatir teman-teman yang muda yang akan pindah, mereka tidak akan sharing bisa dengan keluarga dan putra-putrinya," jelas Anas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri PANRB: 1.700 ASN Mulai Pindah ke IKN Bulan Oktober 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto