KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap 9 dari 10 dari wisatawan berniat melakukan liburan bersama orang yang mereka cintai. Riset Travel Pulse terbaru dari Klook juga mengungkapkan bahwa 3 dari 5 wisatawan akan berbelanja secara royal pada liburan di tahun 2024. Langkah ini mendedikasikan hingga setengah anggaran mereka untuk pengalaman dan aktivitas meskipun biaya meningkat akibat inflasi global. Bagi generasi milenial dan Gen Z, traveling merupakan lebih dari sekadar liburan. COO dan Co-Founder Klook, Eric Gnock Fah mengamati, tren liburan ini mencerminkan dunia pasca pandemi. Isolasi akibat pandemi dan peningkatan digitalisasi kehidupan telah membuat orang mendambakan koneksi. “Saat kita melewati masa pandemi dan memasuki era liburan, kami mengamati ada perubahan transformatif dalam dinamika liburan. Liburan telah menjadi sarana penting yang menawarkan individu kesempatan untuk terhubung secara tulus dengan diri mereka sendiri, orang yang mereka cintai, dan dunia di sekitar mereka,” terang Eric, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumatm (26/1).
Sebanyak 64% generasi milenial dan Gen Z akan meningkatkan anggaran liburan mereka pada tahun 2024. Dan hampir separuh dari mereka bersedia mengeluarkan hingga 50% atau lebih untuk liburan mereka. Fokus wisatawan tetap tertuju pada pengalaman yang menjanjikan hubungan bermakna dengan rekan mereka. Sebanyak 69% dari mereka memesan aktivitas sebelum mengambil penerbangan. Baca Juga: Libur Nataru ke Luar Negeri, Simak Tips dan Biaya Tarik Tunai ATM di Sejumlah Negara