KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga sepeda sedang tren di tengah pandemi corona. Masyarakat Indonesia menjadikan olahraga bersepeda sebagai cara alternatif untuk hidup sehat. Hal ini diakui oleh CEO PT Roda Maju Bahagia produsen sepeda Element, Hendra. "Sepertinya sejak pandemi corona, banyak gym, tempat latihan renang, dan badminton tutup," kata Hendra dalam program "Lifestyle Talk: Siasat Memilih Sepeda di Tengah Tren Gowes" yang ditayangkan live di akun Instagram @kompascom pada Jumat (17/7/2020) sore.
Baca juga: Sebelum demam sepeda, Presiden Jokowi sudah lebih dulu mengawalinya
"Pilihan paling tepat untuk olahraga saat ini adalah sepeda, karena itu tergantung kemampuan masing-masing dan lebih fleksibel," tambah dia.Saat ini, kata Hendra, bersepeda tidak sebatas olahraga, melainkan sudah menjadi gaya hidup. "Karena olahraga sepeda sudah jadi lifestyle, kita terus berusaha menciptakan model baru, dan sepeda lipat adalah fokus utama kita." Memilih sepeda lipat yang cocok Banyak jenis sepeda lipat dari berbagai produk di pasaran, namun kita seringkali sulit menentukan mana sepeda yang cocok bagi kita. Karena itu, Hendra menyarankan agar kita memilih sepeda sesuai kebutuhan. "Kalau kita bilang sepeda lipat, jenisnya banyak. Ada sepeda dengan lipatan 2, lipatan 3, dan ukuran ban 20 inci atau 16 inci," tutur Hendra. "Buat main sepeda jarak jauh, saya sarankan sepeda lipat ukuran ban 20 inci. Kapasitas rodanya besar, digowes-nya lebih enak." "Untuk yang cocok di dalam kota dan lebih enak dibawa ke mana pun, pilih sepeda ukuran 16 inci, tapi kalau dipakai jarak jauh kita pasti capek, karena ukuran ban kecil." Di samping ukuran dan jenis, material sepeda juga tak kalah pentingnya. Sebelum membeli sepeda lipat, cek terlebih dahulu material atau bahan yang digunakan. "Contohnya kalau kita tinggal di tepi laut, seperti kawasan Jakarta Utara. Saya lebih menyarankan sepeda lipat dengan material aluminium. Karena aluminium tidak mudah berkarat, dan otomatis lebih ringan," kata Hendra. Hendra mengakui, warna dan model menjadi pertimbangan utama konsumen saat hendak membeli sepeda. "Di Element, kita tidak memakai warna-warna monoton seperti hitam, silver, atau merah. Kita mengeluarkan warna baru biar orang tertarik. Selain itu kita juga akan tes ke pasar, model dan warna apa yang mereka favoritkan," ucapnya.