Sebelum Pelantikan, Jumlah Menteri Kabinet Prabowo akan Difinalkan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, jumlah dan nomenklatur kementerian di era presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masih digodok. 

Dasco menyebut setiap isu terkait kementerian baru di kabinet Prabowo masih dinamis. 

"Bahwa segala sesuatu yang pada saat ini disampaikan itu masih dinamika," kata Dasco di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Kamis (26/9). 


Dasco menegaskan ini ketika merespons pertanyaan awak media soal isu Prabowo akan membentuk Kementerian Penerimaan Negara. 

Baca Juga: Soal Jumlah Kementerian Kabinet Prabowo-Gibran, Ini Kata Jokowi

Menurut Dasco, finalisasi terkait kementerian di era Prabowo akan difinalkan sebelum pelantikan presiden terpilih pada 20 Oktober 2024. 

"Bisa ada bisa enggak, itu tergantung nanti finalisasi yang akan kemudian difinalkan sebelum pelantikan presiden terpilih," tuturnya. 

Sebelumnya diberitakan, jumlah kementerian Prabowo-Gibran diisukan akan berjumlah 44. Hal ini diungkap Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas).

Jumlah pastinya berapa, belum. Tapi penambahan iya," ujar Zulhas di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9). 

Sementara itu, Gerindra masih belum berkomentar banyak soal jumlah total kementerian. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani hanya mengatakan Prabowo ingin membentuk zaken kabinet pada pemerintahannya kelak. 

Baca Juga: Komposisi Kabinet 2024-2029, Prabowo akan Menambah Menteri Penerimaan Negara

Muzani mengatakan, Prabowo ingin para pembantunya di kabinet kelak adalah orang-orang yang memang ahli di bidangnya masing-masing. 

Menurut Muzani, menteri yang berasal dari partai politik pun harus tetap ahli di bidangnya. 

"Pak Prabowo ingin ini adalah sebuah pemerintahan zaken kabinet. Di mana yang duduk adalah orang-orang yg ahli di bidangnya, meskipun yang bersangkutan berasal atau diusulkan dari parpol," ujar Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/9) lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Jumlah Menteri Kabinet Prabowo Difinalkan Sebelum Pelantikan"

Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/09/26/14464001/jumlah-menteri-kabinet-prabowo-difinalkan-sebelum-pelantikan.

Selanjutnya: Sinergi BTN dan Syailendra Capital, Hadirkan Dua Produk Reksa Dana Unggulan

Menarik Dibaca: KPPU: RPM Jadi Ilegal jika Terbukti Membuat Persaingan Usaha Tidak Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi