Seberapa Penting Menggunakan Primer Sebelum Foundation? Cari Tahu di Sini!



MOMSMONEY.ID - Apakah Anda sering merasa makeup yang Anda gunakan mudah luntur atau tidak tahan lama? Selain formula produk yang harus diperhatikan, Anda juga harus mengingat-ingat apakah Anda sering melewatkan penggunaan primer atau justru tidak pernah memakainya sama sekali hingga saat ini.

Meski masih banyak orang yang meragukannya, nyatanya primer terbilang penting untuk menunjang makeup yang flawless dan awet. Primer sendiri merupakan produk makeup yang berfungsi untuk menciptakan dasar atau lapisan ekstra antara kulit dengan makeup.

Memangnya, sepenting itukah penggunaan primer sebelum foundation? Melansir HerZindagi, inilah kemampuan luar biasa primer yang sebenarnya penting untuk menghasilkan penampilan makeup yang maksimal.

Baca Juga: 5 Pelembab Alami Terbaik untuk Kulit Berminyak, Melembabkan Tanpa Menyumbat Pori-Pori

1. Memperbaiki penampilan pori-pori

Mengaplikasikan primer sebelum foundation berguna untuk membantu meminimalkan penampilan pori-pori. Lebih lanjut, primer akan menciptakan alas yang sempurna bagi foundation nantinya. Sehingga, foundation akan terlihat mulus karena tidak terhalang oleh pori-pori besar.

Dengan demikian, primer penting untuk digunakan jika Anda menginginkan hasil akhir makeup yang bersih dan flawless bebas pori-pori.

2. Menjadikan makeup tahan lama

Aktivitas yang padat di tengah orang banyak sering kali memaksa seseorang untuk tampil paripurna seharian. Untuk mewujudkannya, makeup pun kerap dijadikan sebagai andalan. Namun, tahukah Anda produk apa yang bisa menunjang keawetan makeup?

Ya, jawabannya adalah primer! Primer akan membantu menahan foundation dan produk makeup lainnya untuk waktu yang lama. Bahkan, makeup tetap bisa terlihat segar setelah berjam-jam pemakaian berkat penggunaan primer.

3. Menyamarkan tanda penuaan

Primer sebelum foundation akan membuat kulit terlihat muda tanpa cela. Tentu, Anda menginginkannya bukan?

Dengan tidak melewatkan penggunaan primer dalam prosesi makeup Anda, maka tanda-tanda penuaan pada wajah seperti garis-garis halus dan kerutan dapat tersamarkan dengan baik dalam sekejap.

4. Memudahkan aplikasi produk makeup berikutnya

Setelah menggunakan primer, produk makeup berikutnya pun akan cenderung lebih mudah untuk diaplikasikan pada wajah.

Ketika wajah Anda dibaluti primer, maka akan tercipta lapisan ekstra pada wajah yang berguna untuk membantu produk makeup lainnya meluncur dengan mudah pada kulit wajah.

5. Menjadikan makeup matte bagi kulit berminyak

Primer menjadi partner terbaik bagi kulit berminyak. Tanpa primer, foundation akan menjadi lebih mudah meleleh setelah beberapa menit diaplikasikan. Namun, primer akan membantu mencegah masalah tersebut dengan cara menciptakan finish matte.

Primer akan menutupi pori-pori besar dan mencegah produksi minyak berlebih pada kulit sehingga kulit akan terlihat flawless tanpa gangguan minyak dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, penggunaan primer juga akan mencegah kulit mengkilat di berbagai area wajah sepanjang hari.

6. Melembabkan kulit kering

Jika kulit berminyak membutuhkan produk yang dapat mencegah produksi sebum berlebih, maka kulit kering sebaliknya. Para pemilik kulit kering tentu tahu perjuangan yang harus dilakukan untuk melembabkan kulit mereka yang bak gurun tersebut.

Serba salah, niat ingin mempercantik wajah terkadang harus terhalang oleh kekeringan dan kekusaman yang menjadi-jadi akibat menggunakan banyak produk makeup.

Sebagai salah satu solusinya, menggunakan primer di bawah foundation bisa mulai dibiasakan untuk mencegah kulit menjadi semakin kering. Dengan menggunakan primer, kulit akan senantiasa terjaga hidrasinya dan produk makeup yang digunakan pun tidak akan merusak lapisan kulit halus Anda.

Nah, setelah mengetahui pentingnya penggunaan primer sebelum foundation, Anda juga harus mengetahui cara menggunakan primer yang disarankan. Usai menyelesaikan rutinitas skincare, ambilah produk primer seukuran kacang polong dan aplikasikan ke seluruh wajah atau bagian tertentu yang memiliki pori-pori besar.

Diamkan primer selama setidaknya 1 menit hingga primer menempel dengan baik pada kulit. Kemudian, barulah Anda bisa melanjutkan tahapan makeup berikutnya seperti menggunakan foundation dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Mau Terlihat 10 Tahun Lebih Muda Secara Instan? 5 Tips Ini Bisa Mewujudkannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma