Sedang Diet? Hirup 5 Minyak Esensial yang Ampuh Menurunkan Berat Badan Ini



MOMSMONEY.ID - Inilah 5 minyak esensial yang ampuh menurunkan berat badan yang layak Anda coba.

Minyak esensial atau essential oil terkenal dengan aromanya yang harum. Itulah mengapa minyak esensial sering dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Tak sebatas itu, minyak esensial juga menyimpan banyak manfaat kesehatan termasuk mengobati sakit kepala hingga alergi.


Bahkan, menurut beberapa bukti, minyak esensial juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan, membakar lemak, dan meningkatkan energi.

Kira-kira, minyak esensial apa saja yang memiliki manfaat penurunan berat badan? Melansir Reader’s Digest, berikut 5 minyak esensial yang ampuh menurunkan berat badan yang dapat Anda sertakan ke dalam program diet.

Baca Juga: Booming! Ini Lirik Lagu APT Rose dan Bruno Mars serta Terjemahannya

1. Minyak esensial lemon

Minyak esensial yang ampuh menurunkan berat badan yang pertama adalah minyak esensial lemon.

Sama seperti air lemon, minyak esensial lemon juga dapat membantu penurunan berat badan dengan cara mendukung detoksifikasi.

Proses detoksifikasi akan meremajakan tubuh Anda serta meningkatkan energi dan pencernaan lemak. Ditambah lagi, ini bisa membersihkan tubuh dari limbah yang dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan lainnya yang menghambat kemampuan Anda untuk menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, masukkanlah 5 tetes minyak esensial lemon ke dalam humidifier Anda.

2. Minyak esensial lavender

Minyak esensial yang ampuh menurunkan berat badan yang kedua adalah minyak esensial lavender.

Minyak esensial lavender terbukti dapat meningkatkan relaksasi, meredakan ketegangan, dan mendukung tidur yang nyenyak. Menariknya, minyak esensial lavender juga bisa mengurangi keinginan untuk ngemil yang tidak sehat lho.

Saat mengendus aroma makanan yang lezat, mulut akan langsung mengeluarkan air liur dan muncul keinginan untuk memuaskan hasrat tersebut. Jika ini sering terjadi saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, coba hirup minyak esensial lavender untuk membuat Anda rileks sekaligus meredakan hasrat akan ngemil.

Atau, oleskan 2-3 tetes minyak esensial lavender ke pelipis, pergelangan tangan, dan bagian belakang leher sebelum tidur.

3. Minyak esensial holy basil

Minyak esensial yang ampuh menurunkan berat badan yang ketiga adalah minyak esensial holy basil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial holy basil dapat membantu mengatur stres dan kecemasan. Tatkala tubuh memproduksi terlalu banyak hormon stres kortisol, itu dapat menyebabkan penambahan berat badan dan sejumlah efek kesehatan lainnya.

Nah, dengan menggunakan minyak esensial holy basil, itu akan membantu meredakan stres emosional dan kecemasan. Adapun stres emosional dan kecemasan merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan kesulitan menurunkan berat badan.

Coba tambahkan 1-2 tetes minyak esensial holy basil ke dalam secangkir air hangat dan minum hingga habis.

Baca Juga: Maksimalkan Belajar Bahasa Inggris di EF Efekta dengan Manajemen Waktu yang Baik

4. Minyak esensial jahe

Minyak esensial yang ampuh menurunkan berat badan yang keempat adalah minyak esensial jahe.

Minyak esensial jahe dapat mendukung pencernaan, mengurangi peradangan, dan meredakan keinginan untuk makan gula.

Minyak esensial jahe juga berfungsi sebagai agen termogenik, yang berarti dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk menurunkan berat badan, tambahkan 2 tetes minyak esensial jahe ke dalam secangkir air hangat dan minum seperti Anda minum teh. Atau, tambahkan 2-3 tetes minyak esensial jahe ke dalam bak berisi air hangat lalu berendamlah.

5. Minyak esensial peppermint

Minyak esensial yang ampuh menurunkan berat badan yang kelima adalah minyak esensial peppermint.

Mencium minyak esensial peppermint dapat membantu mengekang nafsu makan dengan memengaruhi area otak yang membuat Anda merasa kenyang.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mencium peppermint oil setiap 2 jam merasa kurang lapar dan mengonsumsi rata-rata 2.800 kalori lebih sedikit selama seminggu (sekitar 300 kalori sehari) dibandingkan rekan mereka yang tidak mencium aroma minyak esensial peppermint.

Mengutip laman Eat This, Not That!, minyak esensial peppermint dapat membersihkan sistem limfatik dan bersifat anti-inflamasi. Pada gilirannya, hal ini dapat membantu Anda melepaskan penambahan berat badan dan pencernaan yang lamban. Sementara itu, ketika dioleskan, minyak esensial peppermint dapat membantu mendukung kantong empedu sekaligus mengurangi peradangan.

Itulah 5 minyak esensial yang ampuh menurunkan berat badan. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Selanjutnya: Daftar HP dengan Daya Tahan Baterai Terlama dan Spesifikasi Terbaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma