Sederet Obat Gatal untuk Selangkangan yang Bisa Ditemukan di Apotek



MOMSMONEY.ID - Rasa gatal di selangkangan memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas yang sedang Anda lakukan. 

Gatal di selangkangan bisa disebabkan oleh kondisi area kulit yang lembap atau adanya gesekan di antara dua permukaan kulit yang menyebabkan iritasi. 

Alhasil, infeksi jamur dan bakteri mudah terjadi sehingga rasa gatal pada kulit selangkangan bisa muncul. Anda perlu menggunakan obat gatal selangkangan guna mengurangi gejalanya. 

Dilansir dari Medical News Today dan Verywell Health, inilah sederet obat gatal untuk selangkangan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah 3 Penyebab Anak Mengalami Alergi Udara

Obat antijamur

Apabila rasa gatal pada selangkangan terjadi karena jamur, misalnya tinea cruris, Anda bisa menggunakan obat antijamur untuk mengatasinya.

Infeksi jamur pada selangkangan lebih kerap terjadi pada pria. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan penyakit ini bisa menyerang wanita. 

Seringnya, seseorang dengan kondisi obesitas dan diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami gatal di selangkangan karena infeksi jamur. 

Krim steroid

Krim steroid umum digunakan sebagai cara mengobati selangkangan gatal akibat psoriasis atau dermatitis kontak. Krim ini perlu dioleskan pada area kulit yang kemerahan.

Pada keadaan yang parah, dokter mungkin juga bisa meresepkan etanercept atau infliximab. Kedua obat ini bisa mengurangi frekuensi kambuh sekaligus meringankan gejala.

Baca Juga: Terasa Tidak Nyaman, Inilah 5 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Alami

Salep permethrin

Rasa gatal pada area selangkangan juga bisa terjadi karena kutu kemaluan atau kudis. Kutu ini bisa hidup di bagian tubuh yang memiliki rambut, tak terkecuali rambut kemaluan.

Rasa gatal biasanya cenderung memburuk ketika malam hari dan membuat Anda mengalami kesulitan beristirahat. 

Salep antigatal

Anda bisa memakai salep antigatal misalnya losion yang mengandung calamine. Biasanya, salep antigatal digunakan gatal pada selangkangan yang disebabkan karena dermatitis kontak.

Salep ini akan membantu menenangkan bagian kulit yang gatal sehingga Anda tidak terus menggaruknya. 

Penggunaan obat gatal selangkangan yang dibeli di apotek memerlukan waktu dan kesabaran untuk mendapatkan hasilnya dan kesembuhannya.

Pastikan Anda menggunakan obat selangkangan gatal sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan atau resep dari dokter. 

Selain menggunakan obat-obatan, Anda juga perlu memaksimalkan cara mengatasi selangkangan yang gatal dengan melakukan perawatan rumahan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian