Sejumlah APM otomotif penuhi target penjualan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pameran otomotif internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 resmi ditutup, Minggu (12/8) malam. Pameran yang berlangsung selama 10 hari di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City Tangerang, ini diklaim mencatatkan angka penjualan yang positif.

Ketua Penyelenggara GIIAS 2018, Rizwan Alamsjah, mengatakan pergelaran GIIAS tahun ini lebih banyak menghadirkan kendaraan konsep. Hal tersebut lebih memberikan gambaran kendaraan di masa depan.

Kehadiran kendaraan konsep memang sesuai dengan tema GIIAS pada tahun ini, yaitu Beyond Mobility. "Kami bersyukur pencapaian GIIAS tahun ini cukup positif, di antaranya terdapat world premiere passenger car dan concept car," terang Rizwan, pada Sabtu (11/8) pekan lalu.


Namun hingga berita ini diturunkan, penyelenggara belum membeberkan data riil penjualan dalam acara GIIAS. Sehingga, belum dapat disimpulkan apakah penjualan otomotif tahun ini lebih baik dibandingkan pameran tahun sebelumnya. Pada GIIAS tahun lalu, volume penjualan otomotif tumbuh tipis yakni berkisar 21.000-an unit kendaraan dibandingkan perhelatan GIIAS tahun 2016 yang sebanyak 20.384 unit.

Mencapai target

Sebagian peserta pameran yang dihubungi KONTAN merasa puas dengan pencapaian event kali ini. Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, mengatakan total surat pemesanan kendaraan (SPK) berjalan sesuai rencana.

Meski belum mendapatkan data riil, manajemen HPM optimistis mampu mencapai target penjualan hingga penutupan Minggu malam. "Tentu penjualan terbesar didukung oleh model baru, seperti Honda Brio dan Honda HR-V," ungkap dia kepada KONTAN, Minggu (12/8).

HPM membidik penjualan sebanyak 5.500 unit di ajang GIIAS 2018. Proyeksi tersebut mirip dengan pencapaian penjualan di pameran yang sama pada tahun lalu. Kala itu, Honda membukukan penjualan sebanyak 5.545 unit.

Deputy Group Head of Planning & Communication Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Intan Vidiasari mengemukakan, total SPK Mitsubishi mencapai 3.417 unit. Jumlah itu mendekati target GIIAS 2017 yakni sebanyak 3.500 unit. "Model utama didominasi oleh Xpander dengan 1.971 unit, kemudian Pajero Sport 1.265 unit dan sisanya Outlander Sport, Triton serta Mirage," ungkap dia kepada KONTAN, kemarin.

Makmur , 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), juga menyebutkan penjualan Suzuki per 10 Agustus 2018 telah mencapai target. Pada tahun ini, Suzuki menargetkan total SPK sebanyak 1.000 unit atau naik 10% dibandingkan tahun lalu sebanyak 900 unit. Dari 11 jenis mobil yang ditawarkan selama GIIAS 2018, All New Ertiga, model Low MPV mendominasi penjualan Suzuki.

Sementara Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Soerjopranoto, mengatakan belum ada gambaran hasil penjualan di GIIAS 2018. Ia hanya bilang, sejauh ini GIIAS tetap menjadi barometer bisnis otomotif di Indonesia. "Terutama untuk menampilkan konsep kendaraan seperti i-concept di booth Toyota," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia