KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan asuransi umum mencatatkan kinerja positif pada kanal digital hingga kuartal III-2024. Hal ini tercermin dari pertumbuhan pendapatan premi dan jumlah polis yang terjual. Salah satunya seperti, PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), di mana penjualan asuransi kanal digital perusahaan naik 25% secara
year on year (YoY). Ditambah pendapatan premi juga tumbuh 5%, apabila dibandingkan dengan priode yang sama di tahun sebelumnya. Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, Brellian Gema mengatakan, perusahaan terus berkomitmen meningkatkan layanan kepada masyarakat dengan menghadirkan inovasi digital yang memberikan pengalaman menarik dan memuaskan bagi pengguna.
Baca Juga: Jasindo Beberkan Alasan Asuransi Kecelakaan Diri Begitu Dibutuhkan Masyarakat Selain itu, Gema menuturkan bahwa Asuransi Jasindo berharap bisnis yang bersumber dari saluran digital dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi dari total pendapatan premi perusahaan. Rencana tersebut didasari dari profil risiko yang dikelola saluran digital, yang mana bisnis tersebut menghasilkan hasil
underwriting yang baik. “Di tahun depan, Asuransi Jasindo juga akan berencana akan melakukan kerja sama dengan para Insurtech yang berfokus kepada pengembangan dan pemasaran produk asuransi properti, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi-asuransi
simple risk yang berbasis
short period,” kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (15/11). Asuransi Jasindo juga melakukan inovasi dari berbagai lini termasuk proses bisnis. Salah satu inovasi yang berfokus pada digitalisasi adalah akseptasi dan klaim, oleh sebab itu Asuransi Jasindo menghadirkan digital
insurance solution melalui berbagai jenis layanan digital. “Untuk pembelian produk asuransi perjalanan dapat dilakukan melalui website
www.jasindotravel.co.id termasuk proses klaim, kemudian untuk produk asuransi kendaraan bermotor, Asuransi Jasindo juga menghadirkan layanan klaim berbasis digital yaitu Claim Motor System (CMOS),” imbuhnya.
Baca Juga: Sejumlah Perusahaan Asuransi Umum Catat Kenaikan Premi Melalui Asuransi Perjalanan dengan berbagai perlindungan tambahan seperti visa protection, perlindungan gadget dan barang mewah, serta layanan medis darurat, Asuransi Jasindo berusaha memberikan manfaat yang maksimal bagi nasabah. Selaras dengan hal ini, Perusahaan asuransi umum, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia juga mencatatkan kinerja yang cukup baik pada asuransi kanal digital. Di mana, pertumbuhan
Compounded annual growth rate (CAGR) mencapai 85% dalam empat tahun terakhir, meski penjualan dari kanal digital ini masih dalam tahap pertumbuhan. “Melihat potensi besar dari kanal ini, kami optimis sektor digital akan terus tumbuh signifikan dalam waktu mendatang,” ujar President Direktur Tokio Marine Indonesia, Sancoyo Setiabudi kepada Kontan.co.id, Jumat (15/11). Sancoyo mengungkapkan bahwa Tokio Marine senantiasa melakukan sejumlah strategi agar pemasaran kanal digital bisa makin masif ke depannya. Di antaranya yaitu, dengan berfokus pada peningkatan
customer experience, terutama melalui continous improvement pada UI/UX platform digital perusahaan agar lebih mudah diakses dan nyaman digunakan oleh nasabah. Baca Juga: Risiko Tinggi, Asuransi Kecelakaan Kian Dibutuhkan “Kami ingin memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman yang intuitif dan lancar saat mengakses produk-produk asuransi secara online,” kata dia. Selain itu, Tokio Marine juga aktif melakukan promosi melalui pemasaran digital dan media sosial yang disesuaikan dengan karakteristik target
audience yang perusahaan tuju. Sementara itu, untuk mendorong lebih banyak transaksi melalui kanal digital, Sancoyo mengatakan bahwa Tokio Marine juga mempersiapkan berbagai program spesial yang dirancang khusus bagi pengguna platform
online. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .