KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Era bakar uang di industri Platform belanja online atau e-commerce dianggap telah habis. Hal ini dilihat dari banyaknya platform e-commerce yang mulai melakukan penyesuaian dalam seluruh rantai pasok bisnisnya. Termasuk dalam hal promosi dan pemasaran, serta lebih fokus pada keberlanjutan bisnis. Contohnya, sejak 23 Oktober lalu Shopee mulai memberlakukan biaya layanan sebesar Rp 1.000 untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggannya. Selain itu juga para pelanggan Shopee juga sudah dibebankan biaya administrasi transfer sebesar Rp 1.000 untuk setiap kali melakukan top up ke dompet ShopeePay. Contoh lainnya adalah Tokopedia yang lebih dulu mengenakan biaya layanan. Selain itu baru-baru ini juga mengharuskan pembeli untuk memilih hanya 1 tipe promo yang paling sesuai dan relevan dengan kebutuhan mereka saat melakukan checkout.
Sejumlah E-Commerce Kenakan Biaya Layanan dan Batasi Promo, Ini Kata Pengamat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Era bakar uang di industri Platform belanja online atau e-commerce dianggap telah habis. Hal ini dilihat dari banyaknya platform e-commerce yang mulai melakukan penyesuaian dalam seluruh rantai pasok bisnisnya. Termasuk dalam hal promosi dan pemasaran, serta lebih fokus pada keberlanjutan bisnis. Contohnya, sejak 23 Oktober lalu Shopee mulai memberlakukan biaya layanan sebesar Rp 1.000 untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggannya. Selain itu juga para pelanggan Shopee juga sudah dibebankan biaya administrasi transfer sebesar Rp 1.000 untuk setiap kali melakukan top up ke dompet ShopeePay. Contoh lainnya adalah Tokopedia yang lebih dulu mengenakan biaya layanan. Selain itu baru-baru ini juga mengharuskan pembeli untuk memilih hanya 1 tipe promo yang paling sesuai dan relevan dengan kebutuhan mereka saat melakukan checkout.