Sejumlah politisi serahkan data Century ke KPK



JAKARTA. Mantan anggota Tim Pengawas Bank Century, Akbar Faisal dan beberapa politisi seperti Bambang Soesatyo, Lily Wahid, Misbakhun dan Tjandra Tirta Wijaya hari ini datang ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedatangannya mereka guna meneruskan data terkait kasus Century yang sudah diserahkannya ke Timwas di DPR Rabu (27/5) kemarin. “Saya sudah serahkan semua ke KPK secara kolektif dan KPK katakan terima kasih dan akan menindaklanjuti,” kata Akbar saat ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/5).

Menurutnya apa yang diserahkannya itu menunjukkan adanya penyembunyian informasi dari Bank Indonesia, karena data yang diserahkannya tak pernah disampaikan dalam pansus Century maupun Timwas.


Akbar mengatakan, data itu memaparkan adanya pembicaraan mengenai kondisi sistemik dalam rapat dewan gubernur yang dipimpin oleh pak Boediono yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. Padahal kata Akbar, saat itu kondisi sistemik belum ada keputusan.

Sementara itu, Bambang Soesatyo yang merupakan salah satu anggota Timwas Century DPR menyatakan, kedatangannya kali ini untuk mendorong KPK menemukan aktor di balik pemberian bailout kepada Bank Century.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri