KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tourindo Guide Indonesia Tbk (PGJO) atau Pigijo sangat terdampak dengan pandemi corona (Covid-19). Perusahaan platform digital yang menyediakan jasa rencana perjalanan itu memutuskan menghentikan sementara penjualan produk paket tur. "Berat sekali terutama untuk produk-produk paket tur, baik akomodasi, transportasi, tour assitance, " jelas Direktur Utama Pigijo Claudia Ingkiriwang ketika dihubungi Kontan.co.id, Rabu (15/4). Menghadapi dampak pandemi corona, PGJO berupaya memperkuat promosi dengan menjual produk-produk mitra bisnisnya di berbagai daerah melalui platformnya. Produk-produk yang dijual memiliki ciri khas daerah dari mitra tersebut berasal, seperti kerajinan tangan dan makanan khas daerah.
Baca Juga: Pendapatan Pigijo (PGJO) melesat 255% pada tahun lalu Saat ini sudah ada kurang lebih 50 mitra yang bergabung. Adapun pembelinya didominasi dari wilayah Jakarta. Namun, Claudia belum bisa membeberkan nilai yang dikantongi melalui penjualan ini. Penjualan sudah dimulai dilakukan sejak pertengahan Maret hingga virus Covid -19 ini mereda. Ia juga tidak menutup kemungkinan akan terus berlanjut. "Sejauh berkaitan dengan pariwisata, karena lini bisnis kita disitu, kita akan lihat kesempatannya," imbuhnya. Diakui Claudia, lesunya sektor pariwisata akan berpengaruh terhadap pendapatan PGJO tahun ini. Target pertumbuhan pendapatan yang dicanangkan naik 120% sepanjang tahun ini berpotensi direvisi. Untuk angka pastinya, pihak Pigijo masih dalam proses perhitungan. Sekadar informasi, sepanjang tahun 2019, emiten pertama yang tercatat di papan akselerasi itu mengantongi pertumbuhan pendapatan bersih hingga 255,39% secara year on year (yoy) menjadi Rp 100,54 juta dari sebelumnya Rp 28,29 juta. Pendapatan itu ditopang oleh segmen paket perjalanan wisata hingga Rp 72,56 juta dari sebelumnya Rp 6,61 juta.