Selain SBMPTN, 4 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Buka Jalur Mandiri



KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 dimulai pada 23 Maret 2022. Selain SBMPTN, calon mahasiswa juga bisa masuk ke universitas negeri terbaik di Indonesia melalui jalur ujian / seleksi mandiri. 

Sejumlah universitas negeri terbaik di Indonesia membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri. Namun, tidak semua PTN mengadakan seleksi mandiri.

Seleksi jalur mandiri ini dinilai merupakan langkah terakhir yang dapat Anda maksimalkan untuk masuk dalam kampus impian Anda.

Daftar 4 universitas negeri terbaik di Indonesia yang buka jalur mandiri

Lalu, universitas negeri terbaik mana saja yang mengadakan ujian mandiri pada seleksi mahasiswa baru?

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri adalah ITB. Dilansir dari situs resmi ITB, Seleksi Mandiri ITB diprogramkan sebagai jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang akan berjalan tanpa subsidi biaya. Perlu diketahui, jalur Penerimaan Seleksi Mandiri ITB hanya dapat menerima mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP-K atau kemampuan ekonomi setara dengan kriteria syarat KIP-K.

Kriteria seleksi mandiri ITB Seleksi Mandiri (SM) – ITB tahun dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua program studi yang ada di ITB. Seleksi SM-ITB dilaksanakan dengan menggunakan komponen penilaian sebagai berikut:

  1. Hasil UTBK dan Nilai Rapor bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).
  2. Hasil UTBK dan Nilai Rapor, hasil Kemampuan Seni Rupa, bagi pendaftar ke FSRD.
Baca Juga: Siap-Siap, Pendaftaran UTBK SBMPTN Dibuka 23 Maret 2022, Ini Syarat dan Caranya

Biaya kuliah di ITB

Biaya pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bagi peminat program studi yang tidak berada di bawah FSRD adalah sebesar Rp 200.000 per pelamar. Sedangkan biaya pelaksanaan seleksi bagi peminat program studi yang berada di bawah FSRD sebesar Rp. 300.000 per pelamar. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa.

Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening virtual (virtual account/VA) yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa.

Khusus bagi peserta yang merupakan penerima KIP-K atau memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu, akan dibebaskan dari biaya pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Dokumen KIP-K atau Surat Keterangan Tidak Mampu tersebut harus diunggah peserta pada saat melakukan pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB. Untuk jadwal pendaftaran peserta seleksi Mandiri ITB bisa disimak di sini.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Universita negeri terbaik di Indonesia yang juga membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri adalah Undip. Berdasarkan pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS), Undip adalah universitas terbaik atau peringkat 1 di Indonesia dan posisi ke 251-300 di dunia dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022.

Dilansir dari situs resmi Undip, Universitas Diponegoro akan membuka kembali Ujian Mandiri (UM) dengan menggunakan portofolio dan ujian online pada UM S1 Kemitraan. Syarat kepesertaan jalur Ujian Mandiri

  1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2022, 2021 dan 2020.
  2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju.
  3. Usia maksimal 22 tahun.
Tata cara pendaftaran seleksi mandiri Undip

  • Peserta membuat user pendaftaran menggunakan email di website https://pendaftaran.undip.ac.id/. Peserta memilih jalur pilihan UM S1.
  • Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri). .
  • Peserta mengisi data portofolio (Raport Smt 1-5 dan atau prestasi lain) melalui aplikasi.
  • Peserta wajib melakukan upload Surat Pernyataan setelah ditandatangai oleh peserta dan orang tua (dalam format pdf) dan cetak kartu peserta pendaftaran online.
  • Peserta cetak kartu peserta dan mengikut ujian sesuai jadwal pada kartu peserta.
Materi Ujian: Tes Potensi Skolastik: Kemampuan Verbal (Bahasa Inggris dan Indonesia), Numerik, Logika dan Kewarganegaraan.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB juga termasuk daftar universitas negeri terbaik di Indonesia yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi / jalur mandiri. Dilansir dari situs resmi IPB, IPB memiliki beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK) untuk program sarjana.

Pada awal dimulainya, seleksi calon mahasiswa jalur UTMBK dilakukan dengan dua pilihan metode seleksi, yaitu seleksi menggunakan ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh IPB dan menggunakan skor UTBK yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Peserta bisa memilih salah satunya apakah menggunakan skor UTBK LTMPT atau mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer IPB yang dilaksanakan secara “online”dari rumah masing-masing, atau bisa mendaftar keduanya. Jika peserta mendaftar keduanya, maka seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai terbaik yang diperoleh.

Materi UTM-BK (ujian online)

1. Materi yang diujikan untuk UTM-BK program sarjana (S1) yaitu Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jumlah soal sebanyak 25 soal. Waktu pengerjaan adalah 60 menit.

Sistem penilaian: (1) Untuk soal pilihan ganda: benar 100 persen, salah -25 persen, kosong 0 persen; (2) Untuk soal isian singkat: benar 100 persen, salah atau kosong 0 persen.

2. Untuk kelas Internasional, tes dilaksanakan dalam bahasa Inggris. Sementara itu, informasi mengenai persyaratan dan biaya pendaftaran mengikuti UTM-BK bisa disimak di laman ini.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas negeri terbaik di Indonesia yang juga menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri adalah UNY. Dikutip dari situs resmi UNY, mereka juga mengadakan Seleksi Mandiri untuk menjaring siswa dengan keunggulan akademik maupun non-akademik.

Ada 7 kategori dalam Seleksi Mandiri (SM) di UNY, yakni: SM Prestasi Akademik SM Prestasi Unggul SM Talent Scouting SM CBT Kampus SM CBT Domisili SM Skor UTBK SM Kerjasama

Jadwal pendaftaran Seleksi Mandiri UNY

Sementara itu, UNY telah mengumumkan jadwal pendaftaran untuk calon peserta yang mendaftar jenjang D-IV dan S1. Berikut jadwal pendaftaran mahasiswa baru jalur seleksi mandiri UNY:

Jenjang D-IV untuk Seleksi Mandiri D-IV Jalur Tes Tulis

  • Pembukaan: 7 Maret 2022, pukul 08.00 WIB
  • Penutupan: 18 April 2022, pukul 15.00 WIB
  • Batas finalisasi dan cetak kartu: 19 April 2022, pukul 12.00 WIB
  • Pengumuman: 28 April 2022, pukul 20.00 WIB
Jenjang D-IV untuk Seleksi Mandiri D-IV Prestasi Akademik

  • Gelombang 1 Pembukaan: 10 Februari 2022, pukul 08.00 WIB
  • Penutupan: 18 April 2022, pukul 15.00 WIB
  • Batas Finalisasi dan cetak kartu: 19 April 2022, pukul 12.00 WIB
  • Pengumuman: 23 April 2022, pukul 13.00 WIB
Jenjang S1 Seleksi Mandiri S1 Jalur Non Tes Tulis

  • Pembukaan: 14 Februari 2022, pukul 08.00 WIB
  • Penutupan: 5 Juli 2022, pukul 15.00 WIB Batas
  • Finalisasi dan cetak kartu: 6 Juli 2022, pukul 12.00 WIB
  • Pengumuman: 13 Juli 2022, pukul 13.00 WIB
Jenjang S1 Seleksi Mandiri Prestasi Olahraga Unggul

  • Pembukaan: 14 Februari 2022, pukul 08.00 WIB
  • Penutupan: 25 Juni 2022, pukul 15.00 WIB
  • Batas Finalisasi dan cetak kartu: 26 Juni 2022, pukul 12.00 WIB
  • Pengumuman: 2 Juli 2022, pukul 13.00 WIB
Itulah informasi jadwal penerimaan mahasiwa baru melalui jalur mandiri di sejumlah universitas negeri terbaik di Indonesia. Semoga Anda lolos seleksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 PTN yang Buka Jalur Mandiri atau Jalur Prestasi, Mana Saja?",

Penulis : Retia Kartika Dewi Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto