KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berdayakan usaha kecil menengah lewat Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan sejak 14 Mei 2020, Bukalapak berhasil meningkatkan kunjungan ke platform secara signifikan. Tidak hanya itu, di sisi pelaku UMKM sendiri pun, antusiasme yang tinggi datang dengan tercatatnya lebih dari 40.000 jenis produk yang dipasarkan dan ratusan UMKM baru yang bergabung dalam kampanye terbarunya. Antusiasme masyarakat terlihat pada tingginya penjualan pada produk-produk di kategori fashion pria, fashion wanita, fashion anak dan produk rumah tangga.
Baca Juga: E-commerce asing wajib punya kantor perwakilan, apa untungnya bagi konsumen? Kurnia Rosyada, VP of Merchant Bukalapak mengatakan, dalam masa pandemik ini, terdapat peningkatan cukup signifikan bagi masyarakat untuk berbelanja online dan kami cukup beruntung menjadi salah satu platform tujuan belanja. Secara keseluruhan Bukalapak memperoleh pertumbuhan yang signifikan sekitar 15-20%, meskipun pihaknya juga melihat bisnis dari beberapa pedagang kami turun juga. “Untuk itu melalui kampanye Bangga Buatan Indonesia, dengan semangat gotong - royong, kita ingin terus menjaga UMKM dan terus mengoptimalkan sumber daya untuk memasarkan produk - produk buatan anak bangsa Indonesia.” katanya dalam keterangan resmi, Senin (15/6). Bukalapak juga mencatat adanya perubahan minat belanja juga terjadi pasca ramadan dan lebaran, jika sebelumnya fashion pria, fashion anak-anak, beserta kategori makanan seperti kurma, parcel Lebaran dan kue lebaran merupakan yang paling banyak dicari, memasuki bulan Juni ini Bukalapak mencatat kategori handphone, sepeda, beserta hobi dan koleksi menjadi produk - produk yang paling banyak diminati.