KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepertinya kendaraan bekas menjadi favorit di kala pandemi. Berdasarkan catatan PT JBA Indonesia, salah satu platform lelang otomotif, dari Januari hingga 10 Desember 2020, penjualan kendaraan bekas 100.000 unit. JBA yang merupakan bagian grup PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) mencatat, tahun ini jumlah pembeli kendaraan bekas melonjak hingga 75% dibandingkan tahun 2019. Kenaikan it karena semakin banyak masyarakat yang ingin memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan mobilitas selama pandemi dan mengurangi risiko menumpang transportasi umum. Sebaliknya, angka pembelian mobil baru justru menurun dibandingkan tahun 2019. Berdasarkan data Gaikindo, lima brand terlaris di Indonesia, yaitu Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi, mencatatkan penurunan penjualan hingga lebih dari 50% per bulan Oktober 2019, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Selama pandemi, mobil dan motor bekas menjadi favorit masyarakat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepertinya kendaraan bekas menjadi favorit di kala pandemi. Berdasarkan catatan PT JBA Indonesia, salah satu platform lelang otomotif, dari Januari hingga 10 Desember 2020, penjualan kendaraan bekas 100.000 unit. JBA yang merupakan bagian grup PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) mencatat, tahun ini jumlah pembeli kendaraan bekas melonjak hingga 75% dibandingkan tahun 2019. Kenaikan it karena semakin banyak masyarakat yang ingin memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan mobilitas selama pandemi dan mengurangi risiko menumpang transportasi umum. Sebaliknya, angka pembelian mobil baru justru menurun dibandingkan tahun 2019. Berdasarkan data Gaikindo, lima brand terlaris di Indonesia, yaitu Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi, mencatatkan penurunan penjualan hingga lebih dari 50% per bulan Oktober 2019, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.