KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penggunaan sistem pembayaran online selama pandemi Covid-19 menunjukkan tren peningkatan. Penyelenggara uang elektronik, DANA mencatatkan kenaikan secara signifikan pada transaksi non-tunai seperti pembayaran kebutuhan rumah tangga dan transfer uang. "Pembayaran kebutuhan rumah tangga ini termasuk pembayaran rutin bulanan seperti membayar biaya berlangganan TV kabel, asuransi dan BPJS, listrik, dan air. Ada pula transaksi belanja di e-commerce dan pembelian pulsa yang ikut berkontribusi dalam transaksi tersebut," kata CEO dan Co-founder DANA Vincent Iswara, Senin (5/10). Sementara transfer atau pengiriman uang masih menjadi fitur andalan yang digunakan oleh pengguna DANA, baik itu pengiriman uang ke sesama pengguna DANA maupun ke rekening bank.
Baca Juga: Rayakan Bulan Inklusi Keuangan, LinkAja tebar berbagai promo Dari total transaksi melalui DANA, 98% di antaranya merupakan transaksi online dan sisanya transaksi offline menggunakan QR Code. Meski demikian, selama pandemi, penggunaan DANA untuk mendukung transaksi online justru lebih dominan dibandingkan untuk transaksi offline. Di sisa tahun ini, perusahaan tengah mengembangkan banyak produk sebagai upaya menjembatani berbagai ekosistem ekonomi. Beberapa produk terbaru DANA yang sudah diluncurkan dalam sebulan terakhir seperti DANA Delivery dan DANA User Rating Review. Untuk DANA Delivery, perusahaan bekerja sama dengan aggregator logistik Shipper untuk menghadirkan layanan inovatif yang akan memudahkan masyarakat maupun UMKM melakukan pengiriman barang secara praktis dan terintegrasi melalui satu platform. "Untuk tahap awal, layanan DANA Delivery mencakup area DKI Jakarta. Pengguna jasa layanan dapat memilih jenis pengiriman Instant dan Same Day," jelas Vincent