Semen Indonesia (SIG) Masuk 10 Besar Perusahaan Konstruksi Terpercaya Dunia



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Majalah Newsweek bersama Statista mengumumkan daftar World's Most Trustworthy Companies 2024, yang mencakup 1.000 perusahaan dari 23 industri di 20 negara.

Dari daftar tersebut, 23 perusahaan asal Indonesia berhasil masuk dalam peringkat 100 besar, termasuk PT Semen Indonesia Tbk (SIG) yang menduduki posisi 10 besar di kategori Industri Konstruksi dan Bahan Bangunan.

SIG menjadi satu-satunya wakil dari industri bahan bangunan di Indonesia dan Asia Tenggara yang mendapat pengakuan dalam daftar ini. Perusahaan ini dinilai berhasil membangun kepercayaan dari konsumen, investor, dan karyawan berkat kualitas produk, remunerasi yang adil, serta kepemimpinan yang efektif.


Baca Juga: Ajak Karyawan Jadi Relawan: SBI Beri Edukasi Pengelolaan Sampah ke Siswa Sekolah Alam

Daftar Most Trustworthy Companies 2024 merupakan rilis kedua oleh Newsweek yang bekerja sama dengan Statista, lembaga analisis data yang berbasis di Jerman. Laporan ini didasarkan pada survei independen yang melibatkan lebih dari 70.000 responden dan 230.000 evaluasi yang melibatkan pelanggan, investor, serta karyawan.

Survei tersebut menilai kepercayaan terhadap perusahaan melalui berbagai pertanyaan, seperti "Apakah saya percaya pada klaim iklan perusahaan ini?" serta "Apakah perusahaan ini memperlakukan karyawannya dengan adil?".

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan kebanggaan besar bagi SIG dan menegaskan kepemimpinan perusahaan di industri bahan bangunan Indonesia dan kawasan regional. Ia juga menekankan bahwa dukungan dari Menteri BUMN Erick Thohir serta Kementerian BUMN berperan penting dalam keberhasilan ini.

Selain pencapaian tersebut, SIG juga meraih prestasi di ajang International Quality & Productivity Convention (IQPC) 2024 yang digelar di Manila, Filipina. SIG dan anak perusahaannya memperoleh 11 predikat Excellent dan 1 predikat Outstanding untuk inovasi dalam produksi dan bisnis, yang turut mendukung fokus perusahaan pada semen ramah lingkungan sebagai bagian dari strategi keberlanjutan.

Baca Juga: Solusi Bangun Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau 2024

Semen hijau, yang diproduksi SIG menggunakan material dan proses ramah lingkungan, menjadi keunggulan kompetitif perusahaan. Vita menyebut produk ini sebagai faktor pembeda yang membantu SIG mempertahankan posisi sebagai pemimpin industri, "seiring meningkatnya kesadaran masyarakat dan dorongan pemerintah untuk penggunaan bahan bangunan yang lebih berkelanjutan," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (27/9).

Dengan tujuh merek semen yang kuat, termasuk Semen Gresik, Semen Padang, dan Dynamix, SIG terus memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar. Produk SIG juga telah tersertifikasi SNI dan meraih sertifikat Green Label dari Green Product Council Indonesia.

Selain itu, SIG juga mengembangkan precise-interlock brick, produk turunan semen ramah lingkungan yang dirancang untuk hunian di wilayah dengan risiko gempa tinggi. Produk ini diharapkan menjadi solusi cepat dan efisien untuk membangun perumahan layak bagi masyarakat.

Baca Juga: IHSG Menguat 0,42% ke 7.775 Senin (23/9), PTBA, ARTO, HRUM Top Gainers LQ45

Di sisi keuangan, hingga semester pertama 2024, SIG mampu menjaga arus kas operasi yang positif, menurunkan saldo utang, serta mempertahankan rasio solvabilitas yang sehat. Hal ini berkontribusi pada peningkatan peringkat kredit SIG oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dari idAA+ Positif menjadi idAAA Stabil.

“Kondisi keuangan yang sehat ini mencerminkan kekuatan SIG dalam memenuhi komitmen keuangan jangka panjang,” tutup Vita.

Selanjutnya: Pertamina Enduro VR46 Rilis Livery Spesial untuk MotoGP Mandalika, Seperti Apa?

Menarik Dibaca: Kisah Pemilik Fashion Lokal Gonegani Kembangkan Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli