SAN FRANCISCO. Kinerja Facebook pada semester pertama tahun ini mengkilap. Seorang sumber membisikkan, pendapatan situs jejaring sosial nomor satu ini melonjak menjadi US$ 1,6 miliar.Dengan pendapatan sebesar itu, Facebook berhasil mencetak laba bersih hampir mencapai US$ 500 juta. Catatan saja, berdasarkan dokumen yang dibeberkan Goldman Sachs, pendapatan Facebook pada sembilan bulan pertama 2010 hanya sebesar US$ 1,2 juta. Sayangnya, sumber yang mengetahui kinerja keuangan Facebook itu tidak menjelaskan, faktor apa yang mendongkrak kinerja Facebook pada semester ini. Dia juga tidak mengungkapkan berapa kontribusi iklan dalam pendapatan situs buatan Mark Zuckerberg tersebut.Yang jelas, pada kuartal keempat 2010 dan kuartal kedua tahun lalu, Facebook menaikkan tarif biaya iklan. Berdasarkan Efficient Frontier, agensi iklan Facebook, harga yang harus dibayarkan pengiklan untuk setiap klik iklan di Facebook naik 62%.Namun, disisi lain, Facebook juga memangkas harga barang-barang virtual dalam game online. Pemangkasan ini untuk meningkatkan popularitas game online seperti Farm Ville buatan Zynga.
Semester pertama 2011, Facebook cetak laba sebesar US$ 500 juta
SAN FRANCISCO. Kinerja Facebook pada semester pertama tahun ini mengkilap. Seorang sumber membisikkan, pendapatan situs jejaring sosial nomor satu ini melonjak menjadi US$ 1,6 miliar.Dengan pendapatan sebesar itu, Facebook berhasil mencetak laba bersih hampir mencapai US$ 500 juta. Catatan saja, berdasarkan dokumen yang dibeberkan Goldman Sachs, pendapatan Facebook pada sembilan bulan pertama 2010 hanya sebesar US$ 1,2 juta. Sayangnya, sumber yang mengetahui kinerja keuangan Facebook itu tidak menjelaskan, faktor apa yang mendongkrak kinerja Facebook pada semester ini. Dia juga tidak mengungkapkan berapa kontribusi iklan dalam pendapatan situs buatan Mark Zuckerberg tersebut.Yang jelas, pada kuartal keempat 2010 dan kuartal kedua tahun lalu, Facebook menaikkan tarif biaya iklan. Berdasarkan Efficient Frontier, agensi iklan Facebook, harga yang harus dibayarkan pengiklan untuk setiap klik iklan di Facebook naik 62%.Namun, disisi lain, Facebook juga memangkas harga barang-barang virtual dalam game online. Pemangkasan ini untuk meningkatkan popularitas game online seperti Farm Ville buatan Zynga.