Senat AS akhiri shutdown, bursa Asia tampil ceria



TOKYO. Saham Asia menguat dan indeks patokan regional naik tertinggi dalam lima bulan. Penguatan indeks regional menyusul sikap politisi Amerika Serikat (AS) yang telah sepakat mengakhiri shutdown dan menaikkan plafon utang.

Bloomberg melaporkan, MSCI Asia Pacific Index naik 0,7% menjadi 142,06 pada pukul 11:34 di Tokyo. "Meskipun tidak mengubah apa pun, setidaknya saat ini ada kelegaan karena tidak akan ada default AS, setidaknya sampai tahun baru," kata Toby Lawson, kepala berjangka Asia-Pasifik Newedge Grup SA di Sydney. Ia menambahkan, investor bisa fokus lagi ke masalah fundamental ekonomi.

Saham China, yakni Shanghai Composite Index menguat 0,4%, menuju kenaikan pertama dalam tiga hari. Sedangkan saham Jepang, yakni indeks Topix Jepang menguat 1%, indeks Taiex Taiwan naik 0,5%. Indeks Hong Kong Hang Seng juga naik 0,1%, sedangkan indeks Australia S & P / ASX 200 naik 0,2% dan Indeks Selandia Baru, NZX 50 naik 0,4% dan indeks Kospi Korea Selatan juga ikut naik 0,1%, begitu pula dengan Straits Times Index Singapura yang naik 0,7%.


Perlu diketahui, MSCI Asia Pacific Index naik 1,3% pekan lalu di karena optimisme parlemen AS yang ingin mengatasi ancaman default. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri