KONTAN.CO.ID - Sendbird, perusahaan penyedia platform komunikasi application programming interface (API) terkemuka yang digunakan oleh aplikasi seluler terpopuler di dunia, mengumumkan peluncuran inovasi terbarunya: Sendbird Business Messaging. Solusi seluler ini dirancang untuk memungkinkan masing-masing divisi internal perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur ini memastikan perusahaan dapat menyampaikan pesan penting melalui saluran yang paling relevan tanpa ada informasi yang luput dari perhatian. Baik checklist informasi pasien untuk dokter, informasi penundaan penerbangan untuk traveller, informasi lalu lintas dan cuaca yang dapat menghambat waktu pengiriman, hingga pemberian kupon kompensasi atas permasalahan layanan pelanggan, Sendbird menyediakan satu-satunya alat komunikasi yang dirancang untuk efisiensi komunikasi masing-masing divisi dalam perusahaan kepada pelanggan. Sendbird Business Messaging menawarkan solusi messaging omnichannel canggih yang mencakup SMS, push notification, pesan WhatsApp, dan in-app notification. Dengan fitur pengurutan yang inovatif, Sendbird memberikan rekomendasi channel prioritas dengan biaya paling rendah dan efektivitas paling tinggi, serta mengaktifkan channel alternatif hanya jika diperlukan. Pendekatan ini meminimalkan jumlah pesan yang dikirim kepada pelanggan, mengurangi biaya operasional, dan mencegah pelanggan kewalahan akibat bombardir pesan yang dikirim bersamaan melalui berbagai channel.
“Hingga saat ini, industri bisnis masih mengejar ‘janji’ teknologi omnichannel yang mampu menggabungkan beragam saluran komunikasi untuk menjangkau audiens mereka,” ujar CEO dan Co-Founder Sendbird, John S. Kim. “Kini dengan Sendbird Business Messaging, divisi manapun dapat menghadirkan gabungan layanan komunikasi pelanggan yang lancar, baik via aplikasi, SMS, hingga WhatsApp untuk pertama kalinya. Kehadiran Sendbird Business Messaging tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, namun juga meningkatkan kinerja bisnis, dan pengurangan biaya yang signifikan.” Pada era dimana perhatian pelanggan menjadi komoditas utama perekonomian digital, optimasi saluran komunikasi untuk pengalaman pengguna terbaik menjadi sebuah tantangan tersendiri. Sementara itu, biaya untuk memfasilitasi platform komunikasi juga terbilang cukup mahal. Di sinilah peran Sendbird Business Messaging yang dikembangkan untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. “Sendbird Business Messaging telah berperan penting bagi bisnis kami. Sejak menggunakannya, Porter telah mencapai open rate pesan dalam aplikasi sebesar 78%, serta telah menghemat biaya sebesar 30% secara keseluruhan. Hal ini dapat terjadi akibat pemotongan biaya SMS, karena kami sudah beralih ke pesan dalam aplikasi yang jauh lebih efektif” ungkap Product Manager Porter, Apurva Shetty. “Fleksibilitas yang diberikan Sendbird memungkinkan kami membuat ruang khusus di aplikasi kami untuk menemukan pesan-pesan ini dengan mudah.” Sendbird Business Messaging mendapatkan perhatian signifikan dari kalangan bisnis digital internasional, terutama akibat efektivitas biaya yang ditimbulkan berkat migrasi komunikasi pelanggan dari SMS ke pesan dalam aplikasi. Dengan begitu, perusahaan dapat secara signifikan memperluas jangkauan hingga hampir 100% dari basis pelanggan mereka (angka ini biasanya hanya mencapai 30% di wilayah dengan regulasi SMS yang ketat). Pendekatan ini memungkinkan tingkat pengiriman konten yang lebih relevan dan persisten, yang pada akhirnya dapat meningkatkan konversi pelanggan dan mengurangi biaya operasional. Banyak perusahaan telah memperoleh manfaat dari Sendbird Business Messaging dari sejumlah negara di Asia Pasifik, dan beberapa perusahaan pengguna akan segera muncul dari Indonesia. Sendbird Business Messaging menjadi solusi pasti bagi manajer produk yang ingin memberdayakan semua divisi perusahaan dengan saluran komunikasi pelanggan seluler yang efektif, menggabungkan kemudahan penggunaan operasional dengan fleksibilitas teknis, memastikan implementasi yang cepat, dan kemampuan penyesuaian yang ekstensif. Fitur-fitur utama Sendbird Business Messaging meliputi: Komunikasi omnichannel seluler:
- In-app messaging
- Push notification
- WhatsApp
- SMS
Sistem dashboard terunifikasi untuk:
- Pembuatan draft dan template pesan
- Pembuatan template kampanye omnichannel
- Analitik multi-lapisan untuk kampanye, channel, dan pengguna
Sebagai pionir dalam pengembang platform SaaS dan API notifikasi omnichannel seluler, Sendbird Business Messaging memungkinkan pengembang untuk memprogram pesan pribadi & massal secara mudah, melalui integrasi otomatis dengan CRM, logistik, atau sistem pembayaran. Lebih lanjut, Kit UI dan SDK untuk sistem iOS dan Android, pengembang bisa mengintegrasikan feeds notifikasi ke dalam aplikasi mereka dengan lebih sederhana melalui satu baris kode atau integrasi yang dikustomisasi, demi menciptakan alur kerja yang inovatif dan efisien. Tentang Sendbird
Sendbird dipercaya oleh 4000 aplikasi terpopuler di dunia—termasuk DoorDash, Match Group, Noom, dan Yahoo! Sports—untuk mendukung pesan antar bisnis dan 320 juta orang setiap bulan, membangun hubungan, dan menyelesaikan berbagai hal. Perusahaan ini menawarkan platform komunikasi pemenang penghargaan yang menjadi dasar pengalaman pengiriman pesan modern. Hal ini membuka potensi komunikasi pelanggan terpadu melalui notifikasi omnichannel, chat dalam aplikasi, suara, video, dan AI. Berkantor pusat di California, Sendbird didukung oleh ICONIQ, Softbank, Tiger Global Management, Y Combinator, dan investor lainnya.
Baca Juga: Operator Telekomunikasi Indonesia Hadirkan 3 Layanan API GSMA Open Gateway Initiative Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti