Sensasi alam liar



Jalan-jalan ke Bali, Lombok, Yogyakarta, Danau Toba, atau Bunaken mungkin sudah biasa bagi Anda. Mau yang tidak biasa? Bagaimana kalau liburan panjang anak sekolah nanti, Anda sekeluarga berpetualang ke alam liar.

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Afrika Selatan untuk bisa menikmati indahnya padang rumput dan melihat binatang liar hidup di sana. Anda cukup pergi ke Taman Nasional Baluran di Jawa Timur. “Wisatawan akan kami pandu menggunakan mobil safari untuk melihat macan tutul, rusa, burung merak, elang, dan binatang lainnya,” kata Ari Pasaribu, Marketing Staff Valadoo Getaway.

Tak hanya itu, Baluran juga memiliki hutan mangrove atau bakau, hutan musim, hutan pegunungan tropis, dan hutan rawa. Taman nasional ini juga punya kawasan pantai untuk bersenang-senang, yakni Bama, Balanan, dan Bilik. Di sini, Anda bisa menyelam, snorkeling, dan memancing. Jika beruntung, Anda akan melihat pertarungan rusa untuk merebut dominasi terhadap daerah kekuasaan dan rusa betina.


Untuk berpetualang di Baluran selama tiga hari dua malam, Valadoo, misalnya, menawarkan paket ekonomis dan deluxe on request atawa memilih sendiri jadwal tur.

Paket ekonomis dua orang tarifnya Rp 1,3 juta per orang, lalu di atas sepuluh orang Rp 550.000 per orang. Sedang paket deluxe dua orang harganya Rp 1,45 juta per orang dan di atas sepuluh orang Rp 675.000 per orang.

Yang membedakan paket ekonomis dan deluxe hanya jenis kamar. Paket ekonomis satu kamar untuk tiga sampai empat orang, sementara deluxe satu kamar buat dua orang. “Kalau rombongan kami beri diskon, besarnya tergantung dari jumlah orang,” ujar Ari.

Tapi, semua biaya itu tidak termasuk ongkos perjalanan dari kota Anda menuju Surabaya sebagai meeting point atau titik pertemuan, lo.

Yang juga menawarkan paket wisata ke Baluran adalah Explore Solo Community. Biaya tur selama tiga hari dua malam sebesar Rp 650.000 per orang untuk paket ekonomis dan Rp 800.000 per orang untuk paket deluxe, tidak termasuk ongkos perjalanan menuju meeting point di Surabaya. “Jumlah peserta minimal enam orang, tapi kalau peserta lebih dari sepuluh orang dapat diskon 5%,” ujar Muhammad Yusuf, Co-Founder Explore Solo Community.

Kegiatan yang Valadoo dan Explore Solo tawarkan selama di Baluran hampir sama. Hari pertama, penjemputan peserta di meeting point antara jam sembilan hingga setengah sebelas malam. Kemudian, perjalanan menuju Baluran di Kabupaten Situbondo dengan waktu tempuh sekitar 5,5 jam.

Hari kedua, Anda akan diajak sunrise hunting di Pantai Bama, snorkeling, dan eksplorasi padang rumput Bekol. Hari ketiga, Anda akan menjelajah kawasan hutan evergreen dan ke gardu pandang Bekol.

Mendaki Rinjani

Pilihan lain berpetualang ke alam liar adalah ke Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Lombok Travel Agent, contohnya, menyiapkan paket menjelajah habitat asli binatang purba komodo mulai bulan April. “Kalau Januari sampai Maret cuaca berangin dan gelombang tinggi,” ungkap Wayan Catur, Direktur Lombok Travel Agent.

Lombok Travel Agent menyediakan paket tiga hingga 11 hari dengan tarif mulai Rp 7,5 juta per orang dengan jumlah peserta minimal dua orang. Biaya ini sudah termasuk ongkos pesawat pulang pergi Denpasar–Labuhan Bajo. Ibukota Bali itu sebagai meeting point.

Untuk paket tiga hari, hari pertama, setelah mendarat di Labuhan Bajo, Anda akan berkeliling kota untuk melihat dari dekat kehidupan masyarakat.

Hari kedua, Anda menuju Pulau Rinca memakai private boat. Di pulau ini, Anda akan menyaksikan kehidupan liar Komodo. Sore harinya, Anda bersantai di Pantai merah, kemudian makan malam dan menginap di kapal.

Hari ketiga, tujuan Anda berikutnya Pulau Komodo untuk melihat kehidupan binatang yang hampir punah itu.

Mau yang lebih menantang lagi? Anda bisa mendaki Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lombok Travel Agent menawarkan aneka paket trekking gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, dengan starting point di Sembalun Lawang. “Perjalanan dari Sembalun view-nya padang rumput,” terang Wayan.

Buat yang belum pernah mendaki gunung, enggak perlu khawatir. Lombok Travel Agent menyediakan paket pemula dengan usia peserta mulai 10 tahun sampai 50 tahun. Agen perjalanan ini menyiapkan porter atau pembawa ransel. Jadi, Anda cukup melenggang kangkung dengan hanya menggendong ransel kecil saja.

Bagi yang tidak ingin bersusah payah mencapai puncak Rinjani, Anda bisa memilih paket trekking hingga kawah Senaru di ketinggian 2.641 mdpl. Dari sini Anda bisa melihat keindahan Danau Segara Anak dan Anak Gunung Rinjani.

Biaya paket ini untuk satu hari satu malam Rp 1,75 juta per orang buat satu peserta. Tapi, bila peserta di atas tujuh orang, biayanya hanya Rp 1,05 juta saja dengan meeting point di Mataram. Tarif ini sudah termasuk makan pagi dan siang serta makanan ringan.

Kalau Anda memilih paket ke puncak Rinjani dan bermalam di pinggir Danau Segara Anak, biayanya Rp 4,25 juta per orang untuk peserta satu orang. Jika peserta di atas tujuh orang, tarifnya Rp 1,95 juta per orang. Biaya ini sudah termasuk makan selama lima hari empat malam dan porter, lo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari