Sentimen global mendorong IHSG



JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup di zona positif pada transaksi perdagangan hari ini. Berdasarkan data RTI, Rabu (2/1), IHSG berhasil naik 0,69% menjadi 5.327,16.

Kenaikan IHSG didukung oleh penguatan saham-saham di sektor pertambangan, aneka industri, barang konsumen, infrastruktur, keuangan, perdagangan, dan manufaktur.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengatakan, penguatan indeks hari ini disebabkan oleh sentimen dari global. Salah satunya yakni derasnya capital inflow yang masuk pada pasar saham Indonesia.


Nilai pembelian bersih atawa net buy oleh investor asing pada perdagangan kemain mencapai Rp 363,9 miliar. ”Sentimen masih dari Amerika,” kata Hans kepada Kontan (2/1).

Hans mengatakan, kebijakan baru Donald Trump mengenai larangan imigran masih direspon negatif bagi pelaku pasar. Makanya, selain nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika yang meningkat, pasar saham di emerging market juga dituju oleh investor asing.

Dari dalam negeri, Hans menilai belum ada sentimen positif yang mempengaruhi. Rilis data inflasi yang mencapai 0,99% pada Januari dinilai tidak mempengaruhi pergerakan pasar, justru di luar ekspektasi pelaku pasar dan Bank Indonesia yang memprediksi hanya 0,69%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie