KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis pengelolaan kas atau cash managemen system (CMS) PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengalami pertumbuhan sejalan dengan perbaikan dan inovasi produk maupun solusi keuangan digital yang terus digalakkan perseroan di tengah pandemi Covid-19. Sepanjang dua bulan pertama tahun ini, BNI mencatat volume transaksi CMS Rp 591 triliun atau tumbuh 32% secara year on year (YoY). Kenaikan volume transaksi seiring dengan melonjaknya frekuensi transaksi hingga 83% menjadi 54,2 juta. Pemimpin Divisi Jasa Transaksional BNI Agung Kurniawan mengatakan, pendapatan atau fee based income (FBI) perseroan dari CMS meningkat 20% YoY per Februari. Hanya saja, dia tidak merincinya nilainya. Secara total, BNI telah membukukan FBI dari transactional banking sebesar Rp 150,5 miliar dalam dua bulan pertama tahun ini, termasuk dari bisnis CMS. "Tahun 2021, Kami tetap berkomitmen untuk mendorong FBI, pertumbuhan CASA dan penurunan Cost of Fund melalui peningkatan transaksi nasabah dengan cash management BNI," kata Agung pada KONTAN, Selasa (23/3).
BNI menargetkan frekuensi transaksi CMS tumbuh 37% tahun ini dan volume transaksinya meningkat sebesar 57%. Sedangkan FBI dari bisnis ini diharapkan meningkat 19% dari 2020. Tahun lalu transaksi CMS BNI mencapai 178 juta dengan volume Rp 3,92 triliun sehingga membukukan FBI Rp 1,3 triliun. Baca Juga: Catat, ini jadwal pemblokiran kartu ATM pita magnetik Bank Mandiri hingga BNI Agung bilang, tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan dan perubahan bagi BNI. Namun, perseroan terus melakukan berbagai solusi digital BNI yang dibagi dalam tiga segmen yakni corporate dan menengah, retail dan consumer serta government. Cash Management BNI menjadi tulang punggung untuk dapat memberikan solusi berbasis digital tersebut. Untuk mencapai target pertumbuhan bisnis cash management tahun ini, BNI akan melanjutkan transformasi dalam pengembangan solusi bisnis digital secara menyeluruh dengan pendekatan customer centric dari seluruh ekosistem dan memanfaatkan kekuatan value chain nasabah korporasi BNI. "Dengan memanfaatkan kekuatan nasabah korporasi BNI, baik dari sektor BUMN, pemerintah, serta perusahaan lokal dan multinasional, kami mengembangkan salah satu product champion yaitu solusi digital dimana seluruh buyer dan supplier bertemu dan bertransaksi dengan berbagai metode pembayaran, baik cash, financing, hingga kartu kredit." kata Agung.