Sepanjang tahun 2020, Auto2000 catatan penjualan 73.465 unit Toyota



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Auto2000 mencatatkan penjualan sebanyak 73.465 unit Toyota di sepanjang Januari – Desember 2020. Angka tersebut setara dengan sekitar  40,6% dari total penjualan Toyota di Indonesia.

Chief Operation Auto2000 Ivan P Sadik mengatakan, pencapaian penjualan Auto 2000 di tahun 2020 mengantarkan Auto2000 sebagai Best Contributor Dealer untuk penjualan Toyota di Indonesia. Capaian ini tidak terlepas dari sejumlah upaya dan kelebihan yang dimiliki oleh Auto2000.

“Sepanjang tahun 2020, Auto2000 telah berupaya memberikan layanan terbaik kepada AutoFamily di seluruh wilayah Auto2000 di Indonesia, di antaranya adalah jaringan dealer yang luas hingga 126 cabang, layanan purna jual seperti THS - Auto2000 Home Service yang berjumlah 428 unit, layanan darurat siaga 24 jam, dan hadirnya Auto2000 Digiroom,” kata Ivan dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id.


Pada sisi aftersales, Auto2000 juga membukukan sebanyak 1.630.740 unit entry (UE) atau kendaraan yang masuk pada jaringan bengkel Auto2000 di sepanjang tahun 2020, dan sebanyak 344.857 unit entry pada  layanan THS – Auto2000 Home Service.

Baca Juga: Cegah penularan Covid-19, Auto2000 layani pembayaran layanan after sales melalui QRIS

Berangkat dari pencapaian yang diraih pada tahun lalu, Auto2000 optimistis dalam menyongsong tahun 2021. Auto2000 berharap, program vaksinasi Covid-19 dan pemulihan daya beli masyarakat bisa menjadi katalis positif dalam pencapaian bisnis tahun ini.

Auto2000 meyakini, perusahaan telah memiliki modal yang kuat dalam menyediakan layanan offline. Catatan saja, saat ini Auto2000 memiliki 126 cabang yang terdiri atas 97 cabang VSP (Vehicle Sales Parts), 16 cabang VSP+BP (Vehicle Sales Parts+Body & Paint), dan 13 cabang S (Sales). Selain itu, terdapat pula 6 fasilitas Body & Paint (BP) yang berdiri sendiri.

Agar layanan makin mantap, Auto2000 juga telah menghadirkan layanan showroom bergerak bernama Auto2000 ICON dengan menggunakan truk Toyota Dyna. Truk multifungsi ini didesain khusus untuk memberikan layanan yang terintegrasi dan komprehensif meliputi penjualan, perawatan, perbaikan kendaraan, serta penjualan suku cadang asli Toyota.

Auto2000 ICON dipercaya memiliki mobilitas dan fleksibilitas tinggi dalam memperkuat kontribusi layanan Auto2000 hingga ke daerah yang sulit dijangkau. Auto2000 memastikan, semua fasilitas dan layanan Auto2000 secara offline ini telah disesuaikan dengan protokol COVID-19 yang ketat.

Strategi Auto2000 tidak berfokus pada layanan offline semata. Auto2000 menyatakan bakal memperkuat layanan berbasis digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pemilihan strategi  ini bukannya tanpa alasan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, Auto2000 mendapati bahwa bahwa kebiasaan masyarakat bergerak ke arah digital selama tahun 2020. Kondisi pandemi dipercaya berperan dalam mengakselerasi perubahan tersebut.

Auto2000 sendiri saat ini telah memiliki sejumlah layanan digital, yaitu Auto2000 Digiroom dan chatbot Tasia. Pada layanan Auto2000 Digiroom, Auto2000 melayani permintaan pembelian mobil baru, booking servis berkala dan body repair, trade-in, serta membeli aksesoris dan spare parts Toyota secara digital berikut promo-promonya. Sementara itu pada chatbot Tasia, Auto2000 menghadirkan asisten virtual yang menawarkan kemudahan untuk mengakses layanan berbasis internet.

“Meski masih dalam situasi pandemi, Auto2000 siap memulai tahun 2021 dengan optimisme dan harapan yang besar supaya sanggup memberikan kontribusi terbaik terkait kepemilikan Toyota,” terang Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan.

Selanjutnya: Auto2000 bagikan tips memeriksa kondisi ban mobil di musim hujan, begini langkahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat