Sepeda Polygon dan United mengayuh pasar ekspor



JAKARTA. Perluasan pasar jadi strategi produsen sepeda untuk berbisnis. Merambah pasar ekspor pun jadi pilihan.

Seperti produsen merk Polygon, PT Insera Sena yang mengutamakan pasar ekspor. Dari catatan KONTAN, proporsi penjualan Polygon tahun ini sebanyak 55% ekspor dan sisanya domestik.

"Kami terus pasok ekspor ke pasar Eropa seperti Jerman dan negara eropa Timur," kata Rony Liyanto, Direktur Pemasaran PT Insera Sena kepada KONTAN, Jumat (6/8).

Sisa pasar ekspornya ditujukan ke Amerika, Asia dan Australia. Tahun ini Polygon menargetkan nilai penjualannya tumbuh 15% dibandingkan tahun lalu. Naik dari target tahun lalu sebesar 10%.

Sedangkan untuk hasil semester satu, Rny mengklaim penjualan masih tumbuh bertumbuh 5% sampai 10%. Menurutnya daya beli masih belum baik secara umum "Kami tetap optimis tetap ada growth 15%," kata Rony.

Asal tahu, perusahaan mengoperasikan pabrik di Sidoarjo, Jawa Timur dengan kapasitas produksi 500.000-600.000 unit per tahun dengan utilitas produksi pabrik 85%.

Akhir pekan lalu, Kementerian Perdagangan memfasilitasi penandatanganan kontrak dagang antara produsen sepeda PT Terang Dunia Internusa dengan importir sepeda asal Spanyol Bicicletas Monty S.A.

"Sebanyak 10.000 unit sepeda senilai US$ 852.000 akan diekspor ke Spanyol secara berkala mulai Agustus 2017 sampai dengan Agustus 2018," jelas Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Tuti Prahastuti.

Menurut Tuti, produk sepeda yang diproduksi oleh PT Terang Dunia Internusa sudah sesuai dengan preferensi konsumen di Spanyol dan Eropa. "Hal ini yang menjadikan pertimbangan buyer untuk mengimpor sepeda dari Indonesia," ujarnya.

PT Terang Dunia Internusa merupakan salah satu dari banyak produsen produk sepeda yang menggunakan merek dagang United Bike. PT Terang Dunia Internusa berlokasi di Kawasan Industri Beranta, Citeureup, Bogor, dengan kapasitas produksi mencapai satu juta unit sepeda per tahun.

PT Terang Dunia Internusa juga telah mengekspor berbagai jenis produknya ke beberapa negara di Eropa seperti Italia, Denmark, dan Spanyol. Adapun jenis produk sepeda yang diekspor seperti kids bike, city bike, mountain bike, folding bike, dan tandem bike.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto