Serang suriah belum pasti, bursa AS menguat



NEW YORK. Bursa saham Amerika Serikat (AS) naik pada penutupan perdagangan hari ini, Selasa (3/9). Kenaikan kinerja bursa tersebut terjadi usai keputusan Partai Republik yang mendukung seruan Presiden AS Barack Obama menyerang Suriah .

Indeks Dow Jones Industrial Average naik naik 23,65 poin atau menguat 0,16% menjadi 14.833,96 , indeks S & P 500  naik 6,8 poin atau menguat 0,42% menjadi ke 1.639,77 dan Nasdaq Composite Index naik 22,743 poin atau menguat 0,63% menjadi 3.612,612 .

Bursa AS ini menghijau setelah Obama mencari otorisasi kongres sebelum mengambil tindakan militer. John Boehner, petinggi partai Republik menyatakan dukungannya kepada Obama melakukan sanksi militer ke Suriah yang diklaim telah menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil .


"Orang-orang melihat ketidakpastian di Suriah dan ingin keputusan atau ada cara lain. Jika ada yang lebih pasti, kami aksi itu terus dipertanyakan, maka ini aka menjadi tekanan jual di pasar," kata JJ Kinahan , kepala strategi TD Ameritrade di Chicago.

Selain faktor Suriah, bursa AS juga mendapat dukungan dari perkiraan data manufaktur AS dan belanja konstruksi yang mengisyaratkan kenaikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri