Sering Dipertanyakan, Ternyata 8 Jenis Makanan Ini Aman Dikonsumsi Ibu Hamil



MOMSMONEY.ID - Kerap kali dilarang oleh ahli, ternyata ada juga loh jenis-jenis makanan yang aman dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan.

Selama hamil, tubuh jadi jauh lebih sensitif. Apa yang dimakan ibu hamil jadi sangat berpengaruh besar pada pertumbuhan janin. Salah makan sedikit, akibatnya bisa fatal dan membuat cacat bayi yang dikandung.

Agar ini tak terjadi, mari simak jenis makanan yang aman dikonsumsi ibu hamil. Melansir dari laman Baby Center dan Taste of Home, berikut artikelnya.


Baca Juga: 4 Jenis Buah yang Tak Boleh Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

Udang

Meski udang kerap dilarang dikonsumsi, nyatanya udang aman dikonsumsi ibu hamil, loh!

Udang tidak mengandung merkuri dalam jumlah tinggi seperti jenis ikan laut lainnya (tuna, makarel maupun ikan todak).

Udang aman dikonsumsi ibu hamil karena mengandung protein dan gizi super tinggi. Malah udang termasuk 5 besar jenis ikan/makanan laut dengan kandungan protein tertinggi dibandingkan jenis ikan laut lainnya!

Hanya saja, pastikan udang dimasak benar-benar matang.

Baca Juga: Baik untuk Otak, Ketahui 5 Jenis Ikan Laut yang Mengandung Gizi Paling Tinggi

Madu olahan

Madu olahan atau madu yang melalui tahap pasteurisasi dinilai aman dikonsumsi ibu hamil. Ini karena madu yang dipasteurisasi telah melalui tahap pemanasan yang memastikan bakteri jahat tak muncul.

Madu olahan bisa dicampurkan ke dalam teh untuk dikonsumsi hangat-hangat.

Telur

Meski berasal dari ayam, telur tetap aman dikonsumsi ibu hamil. Dengan satu syarat, yakni telur harus dimasak matang, tidak boleh entah ataupun setengah matang.

Baca Juga: Bikin Pusing hingga Mual, Ternyata Ini 6 Makanan Paling Bau di Dunia Selain Durian

Sushi

Banyak yang mengira sushi harus dihindari ketika hamil. Namun ini tak sepenuhnya benar. Anda masih dapat mengonsumsi sushi meski tengah hamil.

Jenis makanan ini tergolong aman dikonsumsi ibu hamil jika menggunakan bahan ikan yang matang sempurna, bukan bahan ikan yang mentah ataupun setengah matang.

Moms dapat memakan California Roll atau Tempura Roll, misalnya, atau jenis sushi yang berisi sayur-sayuran khusus untuk vegan.

Salmon

Baca Juga: Perbedaan 2 Pizza Klasik Asal Italia: Pizza Neapolitan vs Pizza Margherita

Sama seperti udang, salmon kerap kali dipertanyakan mengenai keamanannya. Justru banyak ahli menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi salmon.

Sebab salmon kaya akan Omega-3 yang baik untuk nutrisi & tumbuh kembang janin. Salmon juga merupakan sumber vitamin D & protein yang bagus untuk pertumbuhan tulang & gigi.

Tenang saja, salmon tidak mengandung merkuri dalam jumlah tinggi seperti ikan tuna.

Kopi

Penggemar berat kopi tak perlu khawatir, sebab kopi masih tetap aman dikonsumsi ibu hamil. Namun dengan catatan bahwa takaran kopi hariannya berada pada ambang batas 200 mg kafein setiap harinya. Ini setara dengan segelas mungil kopi.

Daging

Daging tampa lemak & daging unggas masih tergolong aman dikonsumsi ibu hamil. Betapa tidak, jenis makanan ini punya protein, vitamin B, hingga zat besi yang baik untuk tubuh.

Terlebih zat besi dalam daging mampu mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh yang memang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan.

Baca Juga: Ketahui 6 Jenis Daging Terbaik dan Terburuk Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Maka dari itu, pilihlah daging berkualitas tinggi, jangan pilih daging di pasaran yang kebersihannya masih dipertanyakan. Pilih juga potongan daging yang 98% bebas lemak.

Tapi ingat, hindari membeli deli meat atau jenis daging olahan seperti daging dalam hot dog dan burger. Deli Meat mengandung parasit seperti listeria, toksoplasma, dan salmonella yang jelas membahayakan janin.

Soft cheese

Soft cheese atau keju lunak (seperti keju Feta & Brie) merupakan jenis keju yang belum matang. Jenis keju yang satu ini biasanya tidak dipasteurisasi sehingga teksturnya tak sepadat keju lain.

Baca Juga: Daftar 5 Negara Produsen Keju Terbesar di Dunia Tahun 2023

Namun, soft cheese masih tergolong aman dikonsumsi ibu hamil jika susu yang digunakan merupakan susu pasteurisasi.

Maka dari itu, penting untuk selalu membaca label kemasan untuk mengetahui asal usul keju yang dibuat. Jika hasilnya soft cheese berasal dari jenis susu yang tidak dipasteurisasi, jangan coba-coba mengonsumsinya.

Ibu hamil berisiko terkena bakteri dari susu yang sebabkan listeriosis yang bisa bikin bayi jadi premature.

Itulah berbagai jenis makanan yang aman dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti