Sering Ditemui, Ini 7 Masalah Bunga Mawar dalam Pot Beserta Solusinya



MOMSMONEY.ID - Bunga mawar menjadi salah satu tanaman hias yang digemari oleh banyak orang. Tak heran jika banyak yang merawat bunga mawar dalam pot. 

Akan tetapi, ada beberapa masalah bunga mawar dalam pot yang sering ditemui oleh pecinta tanaman hias. 

Tak perlu khawatir, artikel ini membantu Anda untuk mengetahui masalah bunga mawar dalam pot beserta solusinya. 


Baca Juga: 6 Rekomendasi Pot Terbaik untuk Bunga Mawar, Makin Terlihat Cantik

Berikut ini masalah bunga mawar dalam pot beserta solusinya :

1. Ruang dan Pertumbuhan Akar

Saat ditanam di taman, mawar memiliki banyak ruang untuk tumbuh dan berkembang! Namun, jika ditanam di dalam pot, akarnya memiliki ruang terbatas untuk menyebar, dan ini mungkin menjadi masalah jika Anda lupa menanam kembali tanaman cantik ini dalam waktu yang lama.

Dengan mawar, Anda harus mencapai keseimbangan ruang pot yang tepat agar bisa tumbuh subur. Wadah berukuran 12-16 inci akan menjadi titik awal yang baik, dan akan bermanfaat bagi tanaman selama beberapa tahun.

Biarkan tumbuh subur di dalamnya, sampai Anda melihat tanda-tanda akar muncul di lapisan atas tanah, atau dari lubang drainase di bagian bawah—ini adalah tanda sederhana yang menunjukkan bahwa tanaman telah mencapai batas pot, dan sekarang saatnya untuk kembali. masukkan ke dalam yang baru.

2. Penyiraman

Mawar kontainer membutuhkan penyiraman lebih sering dibandingkan mawar taman. Hal ini karena volume tanah yang terbatas lebih cepat kering, terutama pada bulan-bulan hangat. 

Fluktuasi tingkat kelembapan dapat membuat tanaman stres, menyebabkan daun rontok dan gagal tunas.

Namun, ini tidak berarti Anda harus menyiramnya terlalu banyak! Ingat, mawar BENCI penyiraman yang berlebihan, dan tanaman akan menjadi seperti gambar di atas jika terlalu banyak kelembapan.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk diikuti? Sederhana! Siram saat lapisan atas tanah terasa agak kering saat disentuh, dengan kedalaman sekitar 1/2 inci, yang bisa dilakukan setiap 2-5 hari sekali, tergantung cuaca dan kondisi iklim.

Baca Juga: Berapa Lama Bunga Mawar Bertahan dan Hidup? Simak Tips Menanamnya

3. Nutrisi 

Jika mawar ditanam dalam wadah, tanah dapat dengan cepat menghabiskan unsur hara karena jumlah media tanam yang terbatas.

Cara terbaik untuk mengatasi situasi ini adalah dengan menambahkan segenggam pupuk kandang dan kompos ke dalam pot setiap bulan. Ingatlah untuk mengolahnya secara menyeluruh untuk mendukung pertumbuhan.

Anda juga bisa menggunakan garam epsom  setelah mengencerkan satu sendok makan garam ke dalam satu galon air, lalu menggunakannya untuk melembabkan media tanam setiap bulan. Ini akan mendorong pembungaan dengan cara yang sangat keren!

Terakhir, gunakan pupuk cair berimbang, encerkan hingga 1/2 kekuatannya, dan gunakan setiap 4-6 minggu sekali. Ini akan memberikan semua dorongan yang dibutuhkan mawar untuk menumbuhkan bunga terbaik.

4. Sinar Matahari

Saat orang menanam bunga mawar dalam pot, mereka sering kali menyimpannya di tempat tertentu dan melupakannya.

Baca Juga: Cari Tahu Arti Warna Bunga Mawar di Sini Sebelum Dikirim Jadi Kado Valentine

Sinar matahari yang berlebihan dapat menghanguskan daunnya. Lokasi terbaik untuk melihat keindahan ini adalah tempat yang menghadap Timur atau Selatan.

Lokasi yang menghadap ke timur memungkinkan paparan sinar matahari pagi secara langsung, sehingga tanaman mendapatkan jumlah cahaya yang cukup sepanjang hari. Jika lokasi menghadap ke selatan, Anda mungkin harus menggunakan tirai untuk menghalangi sinar matahari langsung di sore hari.

5. Penyakit dan Hama

Ruang kontainer yang terbatas dapat mendorong berkembangnya penyakit seperti embun tepung dan hama seperti tungau laba-laba, terutama jika sirkulasi udara buruk.

Kutu daun dan wereng juga suka menyerang bunga mawar, dan dapat berkembang biak dengan cepat sehingga menyebabkan kerusakan parah.

Pastikan tanaman mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Untuk melakukan ini, pangkaslah cabang-cabang yang bersilangan dan bunga mati dari waktu ke waktu. 

Periksa secara teratur tanda-tanda awal infestasi atau penyakit dan gunakan sabun insektisida jika infestasi terlalu banyak.

6. Drainase Tanah Buruk

Sebuah wadah tidak memiliki kebebasan untuk memberikan sirkulasi udara yang baik ke media tanam, oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan campuran pot yang memiliki drainase yang baik. 

Baca Juga: 12 Tips dan Cara Membuat Bunga Mawar Mekar Fantastis, Begini Merawatnya

7. Dukungan yang Tepat

Saat menanam varietas panjat dalam pot, penting untuk mendukungnya sejak tahap awal dengan menggunakan tiang, teralis, atau batang bambu untuk memastikan batangnya tidak terkulai dan menyentuh tanah, yang dapat menyebabkan penyakit dan masalah lainnya.

Penopang juga akan membuat tanaman terlihat rapi sehingga membuat bunganya menonjol!

Nah itulah beberapa masalah bunga mawar dalam pot beserta solusinya. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria