Sewa Rumah atau Apartemen, Ini yang Perlu Anda Pertimbangkan!



MOMSMONEY.ID - Tergantung kebutuhan, pertimbangkan hal ini sebelum memutuskan sewa rumah atau apartemen!

Saat akan pindah ke kota besar, kita akan dihadapkan pada pilihan menyewa rumah atau menyewa apartemen.  Rumah dan apartemen memiliki berbagai jenis yang bisa Anda pilih. Mereka hadir dalam berbagai ukuran, gaya dan harga. Jadi apa yang paling baik, sewa rumah atau apartemen?

Baca Juga: Mengenal Istilah Cheat Day dalam Diet, Simak Juga Tips Melakukannya


Melansir Apartment Therapy, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih sewa rumah atau apartemen!

Keuntungan dan Kekurangan Sewa rumah

Lebih banyak ruang

Rumah lebih memiliki banyak ruang terpisah bahkan lantai terpisah jika Anda memiliki pilihan rumah dua lantai. Anda bisa memisahkan setiap ruang berdasarkan fungsi yang sesuai kebutuhan Anda.

Lebih murah

Jika Anda sewa rumah bersama dengan teman-teman, maka biaya sewanya bisa lebih murah. Anda bisa berbagi uang sewa dengan jumlah teman yang ikut sewa bersama Anda. Sehingga pembayaran sewa jadi lebih ringan. Bahkan mungkin sama seperti bayar uang kos.

Baca Juga: Promo McD x BCA Edisi 25 September 2024, Diskon Rp 25.000 via Drive Thru

Lebih banyak tanggung jawab

Saat Anda menyewa rumah, Anda harus bertanggungjawab pada rumah yang Anda tinggali. Ini mungkin menambah daftar pekerjaan rumah seperti memperbaiki jika ada saluran air atau atap yang bocor.

Keuntungan dan kekurangan sewa apartemen

Lebih banyak tetangga

Apartemen memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada rumah. Selain itu di satu lantai Anda akan berbagi bangunan dengan pengguna lain yang menyewa apartemen. Ini mempermudah Anda mendapatkan koneksi baru.

Ada komunitas

Tinggal di apartemen membuat Anda memiliki komunitas. Ini akan berguna jika ada sesuatu yang rusak atau salah dengan gedung apartemen. Anda bersama teman komunitas bisa langsung menyampaikannya kepada pemilik apartemen.

Baca Juga: Cara Mematikan iPhone di iOS 18 dengan Mudah Selain Menggunakan Tombol

Lebih banyak aturan

Setiap apartemen biasanya memiliki aturan yang dibuat oleh pemilik gedung. Aturan ini biasanya seputar boleh atau tidak membawa hewan peliharaan, lahan parkir dan izin untuk mengubah ruangan. Jika ini penting bagi Anda, maka sebaiknya pilih sewa rumah yang memiliki ruang privasi sendiri. 

Memiliki fasilitas yang menarik

Apartemen biasanya dilengkapi dengan fasilitas umum seperti gym atau area taman untuk bersantai. Fasilitas ini juga biasanya terjaga kebersihannya. Sehingga jika Anda suka dengan fasilitas ini maka sebaiknya Anda bisa menyewa apartemen. 

Lebih lanjut, hal utama yang membedakan sewa rumah atau apartemen adalah privasi dan area yang dimiliki. Tentu rumah lebih terjaga privasinya dan lebih luas dengan banyak ruangan yang bisa Anda manfaatkan. 

Selanjutnya: IHSG dan Mayoritas Saham Big Caps Menguat, Market Cap BREN Turun ke Bawah Rp 1.000 T

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta