KONTAN.CO.ID - PT Sharp Electronics Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Sharp Bakti Untuk Negeri memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki Laki, Nusa Tenggara Timur. Erupsi gunung yang terletak di pulau Lembata ini menyebabkan semburan abu vulkanik dan material panas. Sampai saat ini, sekitar 11.553 jiwa penduduk desa terpaksa mengungsi ke tempat penampungan darurat. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan bahwa aktivitas vulkanik masih akan berlanjut, sehingga kebutuhan bantuan kemanusiaan masih terus dibutuhkan. Menanggapi hal tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia menyalurkan bantuan senilai Rp 100 juta, melalui mitra non-profit organization Human Initiative. Bantuan ini akan disalurkan dalam bentuk paket sembako, mendirikan dapur darurat, masker, dan perlengkapan kebersihan. “Bantuan ini kami berikan untuk meringankan beban pengungsi. Kami bekerja sama dengan Human Initiative untuk memastikan bantuan disalurkan tepat sasaran,” ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur, PT Sharp Electronics Indonesia.
Distribusi bantuan akan difokuskan di Kecamatan Titiehena, daerah yang belum tersentuh bantuan sebelumnya, dengan target sekitar 5.587 jiwa. “Bantuan dari Sharp sangat berarti bagi pengungsi yang sedang menghadapi kesulitan. Kami berharap lebih banyak pihak dapat ikut serta dalam upaya kemanusiaan ini.” Ungkap Deni Kurniawan, Manager Disaster Risk Management, Human Initiative. PT Sharp Electronics Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan manfaat kepada masyarakat melalui berbagai program sosial, seperti Sharp Bakti Untuk Negeri. Tahap kedua Sharp akan mendonasikan produk air purifier dan mendirikan layanan pusat cucian untuk membantu para pengungsi mendapatkan kualitas udara & sanitasi yang bersih dan sehat. Melalui kegiatan ini, PT Sharp Electronics Indonesia berkomitmen mendukung 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), dengan fokus utama pada tujuan ke-2, ke-3, dan ke-6. “Kami berupaya memastikan para pengungsi mendapatkan akses terhadap makanan yang layak, perlindungan kesehatan yang memadai, dan lingkungan yang sehat untuk mendukung pemulihan mereka. Kontribusi ini merupakan langkah nyata untuk menciptakan perubahan positif dan mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi semua.” Tutup Teraoka. Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional, pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini. Saat ini, SEID memiliki 23 Kantor Cabang, 8 Sub Cabang, 24 Kantor Servis, 47 Sharp Direct Service Station (SDSS), 517 Sharp Authorized Service Station (SASS), dan 48 Sharp Service Representative (SSR), yang tersebar di seluruh Indonesia, 1 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS). Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari rekor bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center terbanyak. Tentang Sharp Cares CSR PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan. Tentang Human Initiative Human Initiative merupakan organisasi kemanusiaan global yang terus berupaya memberikan kebermanfaatan yang lebih bermakna dengan dukungan multipihak. Didirikan di Indonesia pada 10 Desember 1999 Human Initiative menjalankan strategi Theory of Change (TOC) yang fokus kepada dampak positif pelaksanaan program bagi Masyarakat dan menjadikan Humanitarian-Development Nexus sebagai ruang lingkup program. Hal ini diturunkan dalam empat pilar program utama, yakni Initiative for Empowerment, Initiative for Children, Initiative for Disaster Risk Management, dan Initiative for Infrastructure di mana manusia merupakan arus utama intervensi program.
Baca Juga: Sharp Luncurkan Program Kewirausahaan Bidang Pertanian untuk Anak Muda Indonesia Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti