Sharp target kuasai 35% pasar kulkas



JAKARTA. PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) kian agresif berjualan perkakas rumah tangga. Sharp melihat daya beli masyarakat makin meningkat. Selain itu keluarga baru terus bertumbuhan membuat permintaan keperluan rumah tangga juga naik.

Satu diantaranya produk kulkas. Manajer Umum Pemasaran Sharp, Herdiana Anita, berpendapat kulkas sudah seperti barang wajib setelah televisi bagi keluarga. Adapun tipe yang masih jawara tak lain ukuran kurang 400 liter. Namun, seiring meningkatnya daya beli, income, dan stabilnya perekonomian, tipe premium juga mulai ramai dibeli. "Buktinya market kulkas dua pintu tumbuh 33% tahun ini, Sharp akan kejar di tipe ini," kata Herdiana kepada KONTAN, baru-baru ini.

Menurut dia, Growth for Knowledge meramalkan penjualan kulkas menyentuh 3,6 juta unit tahun ini. Sharp menargetkan meraup 35% pangsa pasar. Atau melampaui 1,2 juta unit kulkas sepanjang tahun. Dalam enam bulan pertama di tahun ini angka sales mencapai 680.000. Dari situ, tipe kulkas premium baru 5%. Pekan lalu Sharp meluncurkan dua tipe kulkas premium lalu. Masing-masing King Samurai seharga Rp 3,5 juta - Rp 4,8 juta. Lainnya, Vetro Series, mulai Rp 5,5 juta - Rp 10 juta. Sebelumnya bahkan meluncurkan tipe side by side seharga Rp 20 juta untuk kapasitas 500 liter. Sharp menargetkan King Samurai terjual 15.000 unit saban bulan. Sedangkan Vetro, sebanyak 4.000 unit. "Jadi kita bisa lebih cepat mengejar target market share," kata Herdiana.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test