Shell tawarkan kemitraan pengelolaan SPBU



JAKARTA. Perusahaan bahan bakar minyak (BBM) dan pelumas Shell melancarkan strategi bisnis anyar untuk memperbesar pasar. Dalam konsep anyar ini, Shell membuka keran kerjasama dengan pihak ketiga atau mitra.

Selama ini, Shell mempunyai skema bisnis CODO (Company owned, Dealer Operated) dengan aturan Shell memiliki aset, membangun dan menjual BBM. Kini Shell akan menarik mitra dengan model DODO (Dealer Owned, Dealer Operated).

Haviez Gautama, GM External Relations, Shell menjelaskan, kerjasama untuk membuka jaringan pasok ke berbagai tempat yang lebih luas.

"Kami ingin pelanggan bisa mengakses bahan bakar Shell di lebih banyak tempat, terutama di kota-kota utama Shell memiliki jaringan pasokan. Untuk itu, kami membuka kesempatan kemitraan kepada individu atau perusahaan yang berminat membangun SPBU dengan model DODO," kata Haviez pada KONTAN, Senin (5/12).

Dalam skema DODO, mitra bisnis Shell-lah yang menyewa atau memiliki lahan dan peralatannya. Sedangkan Shell hanya menjadi pemasok BBM atau pelumas. Untuk perizinan dan pembangunan SPBU dilakukan mitra Shell dengan dukungan Shell. Haviez mengklaim, dengan skema ini, mitra bisnis Shell bisa mendapat laba optimal.

"Sumber keuntungan mitra bisnis berasal dari penjualan bahan bakar minyak, penjualan pelumas dan barang-barang atau pelayanan non-bahan bakar yang dijual oleh mitra tenants lain di SPBU," kata Haviez, yang belum bisa menyebutkan target dari skema kerjasama tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia