Siang ini, Jokowi bertolak ke Malaysia



JAKARTA. Presiden Joko Widodo kembali melakukan lawatan ke luar negerinya mulai hari ini, Kamis (5/2) siang. Presiden beserta rombongan akan melakukan kunjungan ke tiga negara, yakni Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Kepala Protokoler Negara Ahmad Rusdi mengatakan, kunjungan itu merupakan kunjungan silaturahim Presiden Jokowi, yang baru dilantik 20 Oktober 2014, ke kepala-kepala negara di kawasan Asia Tenggara. "Ini kunjungan silaturahim. Bahwa kebiasaan kelaziman seorang kepala negara di lingkungan ASEAN ketika beliau baru menjabat, bersilaturahim secara resmi mendatangi negara tetangga sudah lama tradisi ini dilakukan," kata Rusdi di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (5/2).

Rusdi menuturkan, saat tiba di Kuala Lumpur nanti, Presiden Jokowi nantinya akan disambut dengan upacara kenegaraan yang disertai pasukan tamu kehormatan Malaysia dan suara dentuman meriam 21 kali. Pada malam harinya, Presiden bersama para menteri akan melakukan santap makan malam bersama para pejabat pemerintahan Malaysia.


Menteri yang ikut dalam rombongan kepresidenan kali ini adalah Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nusron Wahid.

Presiden Jokowi akan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 12.45. Presiden beserta rombongan akan berada di Malaysia hingga Sabtu (7/2). Selanjutnya, Presiden bertolak ke Brunei Darussalam di hari yang sama hingga tanggal 8 Februari dan dilanjutkan kunjungan ke Filipina hingga 9 Februari. Presiden akan kembali ke Tanah Air pada Selasa (10/2) dini hari. (Sabrina Asril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia