Siap-siap, produksi batubara akan dipangkas



JAKARTA. Indonesia berencana untuk membatasi produksi batubara menjadi 400 juta metrik ton tahun ini, atau turun 5% dari angka produksi tahun 2013. Pemerintah bilang, penurunan produksi dilakukan agar bisa membendung penurunan harga batubara.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Edi Prasodjo kepada Bloomberg bilang, akan ada sanksi bagi perusahaan yang tak mau menurunkan produksi batubaranya. Untuk itu, Edi bilang, pihaknya akan menerapkan aturan tegas. "Kami akan mengawasi ketat,” kata Edi.

Tahun ini, Indonesia menargetkan menambang 397 juta ton batubara, atau turun dari realisasi produksi tahun lalu sebesar 421 juta ton. Untuk menerapkan aturan ini, pemerintah meminta pemerintah daerah mengontrol produksi, terutama perusahaan kecil. "Kami akan bekerja memastikan produksi tidak lebih dari 400 juta ton," jelas Edi.


Kementerian kini merancang aturan untuk mengontrol produksi batubara. Sayangnya, Edi menolak membeberkan bentuk aturan itu. "Suatu hari  nanti, kami harus mengendalikan produksi karena batubara bukan merupakan sumber daya terbarukan,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri