Siap-siap, Sinar Mas Agro (SMAR) bakal terbitkan obligasi senilai Rp 2,5 triliun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar obligasi dalam negeri mulai bergairah. Sejumlah perusahaan pun terlihat tampak percaya diri menerbitan obligasi di sisa tahun 2021 ini.

Terbaru, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) akan menerbitkan obligasi berkelanjutan tahap kedua. Total penerbitan tahap kedua ini mencapai Rp 2,5 triliun.

Masa penawaran umum obligasi ini akan berlangsung pada 13-14 Oktober 2021. Perusahaan yang kerap disebut dengan nama PT SMART Tbk ini menawarkan Obligasi Berkelanjutan III SMART Tahap II Tahun 2021 dalam tiga seri. 

  • Obligasi seri A memiliki nilai pokok Rp 477 miliar. Obligasi yang memiliki tenor 370 hari ini menawarkan tingkat bunga tetap 6% per tahun. 
  • Obligasi seri B memiliki nilai pokok Rp 1,065 triliun. Obligasi dengan tenor 3 tahun ini menawarkan tingkat bunga tetap 8,5%.
  • Obligasi seri C memiliki nilai pokok Rp 958 miliar. Obligasi tenor lima tahun ini memiliki tingkat bunga 9% per tahun.
Baca Juga: Sinar Mas Agribusiness and Food lakukan peremajaan sawit rakyat di Merangin, Jambi

 
SMAR Chart by TradingView

SMART menunjuk empat penjamin pelaksana emisi obligasi pada penerbitan kali ini. Keempat underwriter adalah BCA Sekuritas, CIMB Niaga Sekuritas, Sinarmas Sekuritas, dan Sucor Sekuritas.

Tanggal penjatahan obligasi akan jatuh pada 15 Oktober 2021. Distribusi obligasi secara elektronik dilakukan pada 19 Oktober 2021. SMART akan mencatatkan obligasi di Bursa Efek Indonesia pada 21 Oktober 2021.

Penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan III SMART dengan target dana Rp 5 triliun. SMAR telah menerbitkan obligasi tahap pertama Rp 1,5 triliun pada Juni 2021.

Pada perdagangan jelang akhir pekan, harga saham SMAR ditutup menguat 1,4% ke Rp 4.350 per saham pada Jumat (1/10).

Baca Juga: Sinar Mas Agro (SMAR) optimistis bisnis minyak goreng akan makin cerah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari