Siapa Saja yang Tidak Boleh Makan Buah Pepaya? Inilah Daftarnya



MOMSMONEY.ID - Pepaya menyehatkan, tapi tidak semua orang boleh makan buah ini. Siapa saja yang tidak boleh makan buah pepaya?

Pepaya dikenal karena kandungan vitamin C, vitamin A, serat, dan enzim papain yang baik untuk pencernaan. Namun, meskipun pepaya memiliki banyak manfaat kesehatan, ada beberapa kelompok orang yang perlu berhati-hati atau bahkan menghindari konsumsi buah ini.

Siapa saja yang tidak boleh makan buah pepaya? Melansir dari Health Shots, berikut adalah beberapa kelompok yang sebaiknya tidak makan buah pepaya beserta alasannya:


1. Ibu Hamil

Ibu hamil sebaiknya menghindari pepaya mentah dan setengah matang karena dapat menyebabkan kontraksi rahim yang berbahaya. Sebaiknya, hindari mengonsumsi pepaya di awal kehamilan kecuali jika sudah matang sepenuhnya.

Wanita dengan riwayat keguguran disarankan untuk tidak mengonsumsi pepaya sama sekali. Namun, makan pepaya matang dalam jumlah sedang masih diperbolehkan saat hamil.

Baca Juga: Berapa Batas Konsumsi Telur Per Hari yang Aman?

2. Penderita Batu Ginjal

Meskipun pepaya kaya akan vitamin C, mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan masalah, seperti batu ginjal. Terlalu banyak vitamin C bisa berdampak buruk. Jadi jika Anda memiliki riwayat batu ginjal, sebaiknya batasi konsumsi pepaya.

3. Orang yang Alergi Lateks

Pepaya mengandung protein seperti papain, chymopapain, dan kitinase kelas I, yang dapat memicu reaksi alergi. Jika Anda alergi terhadap lateks, ada kemungkinan Anda juga akan alergi terhadap pepaya.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari pepaya dan produk yang mengandung pepaya jika Anda memiliki alergi tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Ciri-Ciri Terkena Kolesterol Tinggi? Ini Dia 11 Cirinya

4. Penderita Masalah Jantung

Orang yang memiliki gangguan jantung sebaiknya menghindari pepaya. Kandungan papain dalam pepaya dapat memperlambat detak jantung dan berpotensi memicu masalah kardiovaskular serius.

Jika Anda memiliki kondisi jantung, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pepaya.

5. Penderita Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi di mana tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid. Hormon tiroid berperan penting dalam mengatur pertumbuhan, perbaikan sel, dan metabolisme.

Pepaya dapat memberikan efek negatif pada orang dengan hipotiroidisme, sehingga mereka sebaiknya menghindari mengonsumsinya.

Baca Juga: Masih Bisa Minum Kopi, Ini Pilihan Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Itulah ulasan lengkap mengenai siapa saja yang tidak boleh makan buah pepaya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Promo Indomaret Minyak Murah Periode 26 September-2 Oktober 2024, Cek di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas