Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Ingatkan Soal Resiko Krisis Pangan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sidang tahunan MPR Bersama DPR dan DPD RI resmi dibuka di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan pada pada Jum'at (16/8) pagi ini. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat membuka sidang mengingatkan beberapa pekerjaan rumah masih perlu dituntaskan, salah satunya ancaman krisis pangan di Indonesia. 

Bambang mengatakan meningkatnya populasi penduduk dunia khususnya di Indonesia, akan membutuhkan daya dukung bahan pangan yang lebih besar. 


Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo Lantunkan Pantun untuk Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Namun pada saat bersamaan, sektor pertanian sebagai penopang ketahanan pangan, justru menghadapi beragam tekanan; mulai dari makin sempitnya lahan pertanian, stagnasi produksi, meningkatnya frekuensi hama dan penyakit tumbuhan, makin mahalnya biaya produksi, serta ancaman perubahan iklim.  

"Untuk menghindari risiko krisis pangan di masa yang akan datang, kita perlu menyiapkan strategi besar untuk menciptakan “kedaulatan pangan” Indonesia," kata Bamsoet. 

Baca Juga: Anggunnya Menkeu Sri Mulyani Dalam Balutan Kebaya Putih di Sidang Tahunan MPR RI

Bamsoet juga berharap penciptaan ketahanan pangan ini bukan hanya mengandalkan impor dari luar, namun juga pemenuhan pangan dari produksi dalam negeri. 

Selanjutnya: Arah Dukungan PKS di Pilkada Jakarta 2024 akan Diumumkan pada 19 Agustus 2024

Menarik Dibaca: Squid Game Season Kedua bakal Tayang Akhir Desember Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto