JAKARTA. Meski ingin membesarkan pasar dalam negeri, produsen obat-obatan herbal PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk masih melirik peluang untuk memperbesar pasar ekspor. Tahun ini, Sido Muncul ingin merambah pasar Jepang dan Filipina.Ekspansi pasar Asia untuk memperbesar ekspor yang baru berkontribusi sekitar 5% dari penjualan. Adapun 95% penjualan lain berasal dari dalam negeri.Jonatha Sofjan Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul, menargetkan, porsi ekspor diharapkan naik dalam tempo satu atau dua tahun ke depannya. Perusahaan ini membuka kantor perwakilan dan membuka jaringan distribusi di Jepang dan Filipina. "Di kedua negara tersebut, kami belum tertarik untuk menggandeng pihak lokal, supaya kami bisa lebih fokus terhadap usaha kami sendiri," ungkap Jonatha kepada KONTAN, Minggu (26/3).
Sido Muncul incar Jepang dan Filipina
JAKARTA. Meski ingin membesarkan pasar dalam negeri, produsen obat-obatan herbal PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk masih melirik peluang untuk memperbesar pasar ekspor. Tahun ini, Sido Muncul ingin merambah pasar Jepang dan Filipina.Ekspansi pasar Asia untuk memperbesar ekspor yang baru berkontribusi sekitar 5% dari penjualan. Adapun 95% penjualan lain berasal dari dalam negeri.Jonatha Sofjan Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul, menargetkan, porsi ekspor diharapkan naik dalam tempo satu atau dua tahun ke depannya. Perusahaan ini membuka kantor perwakilan dan membuka jaringan distribusi di Jepang dan Filipina. "Di kedua negara tersebut, kami belum tertarik untuk menggandeng pihak lokal, supaya kami bisa lebih fokus terhadap usaha kami sendiri," ungkap Jonatha kepada KONTAN, Minggu (26/3).