Siemens Indonesia Perkuat Insinyur Masa Depan lewat Program Inisiatif Universitas



KONTAN.CO.ID - Siemens Indonesia melalui Program Inisiatif Universitas berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, pengembangan keterampilan, dan keberlanjutan di Indonesia. Inisiatif ini mendukung tujuan Indonesia menjadi salah satu dari lima ekonomi terbesar dunia pada tahun 2045 dan mencapai status negara industri melalui pembangunan berkelanjutan.

Pada bulan Desember 2022, Siemens Indonesia memulai perjalanan transformasi ini. Saat ini, kami bermitra dengan sekitar sepuluh institusi pendidikan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesiapan insinyur masa depan Indonesia melalui seminar dan sertifikasi ahli, donasi teknologi, magang dan program magang, serta penelitian dan pengembangan dalam elektrifikasi, otomatisasi, dan digitalisasi.

Seminar Ahli dan Sertifikasi


Pelatihan khusus yang dipimpin oleh para ahli industri untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan lanjutan. Program Sertifikasi Sistem Mekatronik Siemens (SMSCP) menggabungkan sistem pelatihan ganda Jerman dengan keahlian Siemens, berfokus pada pemahaman sistem mekatronik, troubleshooting, dan pemecahan masalah. Siemens bekerja sama dengan Swiss German University (SGU) dan Sekolah Menengah Teknologi Industri Yogyakarta untuk menawarkan sertifikasi SMSCP, mempersiapkan siswa untuk sukses di industri modern yang terotomatisasi.

Donasi Teknologi

Siemens Indonesia membekali siswa dengan keterampilan industri modern melalui teknologi canggih dan pelatihan praktis. Pada Januari 2022, Siemens menghibahkan teknologi senilai IDR 300 juta kepada Institut Teknologi PLN berupa Switchgear Tegangan Menengah dan Sistem Distribusi untuk Laboratorium Sistem Tenaga Listrik.

Pada Februari 2024, Universitas Indonesia menerima hibah perangkat lunak senilai 60.000 Euro berupa Siemens PSSSINCAL Power System Planning and Simulation Software untuk mendukung perencanaan, desain, dan operasi sistem tenaga listrik. Selain itu, pada Februari 2024, Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga menerima donasi yang sama untuk meningkatkan kurikulum dan keterampilan siswa dalam desain listrik dan perencanaan jaringan tenaga.

Magang dan Pelatihan

Untuk membantu siswa mendapatkan pengalaman praktis, Siemens menawarkan magang dan pelatihan langsung. Program Engineering Trainee Siemens berdurasi dua belas bulan, menggabungkan pengetahuan teoretis dengan pengalaman praktis, termasuk orientasi 2 bulan dan rotasi pekerjaan. Program ini menjembatani kesenjangan antara pengetahuan akademis dan kebutuhan industri, antara lain keterampilan teknis, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan manajemen proyek. Siemens Indonesia juga bergabung dengan program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Ganda Jerman (GD-TVET) bersama EKONID, menawarkan pelatihan praktis dan pendidikan teoretis dalam mekatronika industri di SMK Negeri 26 Jakarta, mengikuti sistem pendidikan ganda Jerman yang sukses.

Kolaborasi Penelitian

Siemens bermitra dengan universitas dalam proyek penelitian inovasi dan solusi praktis dalam elektrifikasi, otomatisasi, dan digitalisasi. Pada Agustus 2023, Siemens berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung dalam Program Ekosistem Kembar Digital (D2TEP) untuk mempercepat pengembangan model dan simulasi pabrik. Pada Februari 2024, Siemens berkolaborasi dengan Swiss German University dalam melakukan studi bersama tentang teknologi keamanan siber untuk meningkatkan ketahanan dan keunggulan kompetitif industri di Indonesia.

Komitmen terhadap Pendidikan

“Siemens Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan berinvestasi dalam pengembangan insinyur masa depan, kami tidak hanya mendukung pertumbuhan karier individu tetapi juga membantu mendukung kemajuan ekonomi dan industri Indonesia,” kata Surya Fitri, Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia.

Tentang Siemens

Siemens AG (Berlin dan Munich) adalah perusahaan teknologi terkemuka yang berfokus pada industri, infrastruktur, mobilitas, dan kesehatan. Kami menciptakan teknologi untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari bagi semua orang. Dengan menggabungkan dunia nyata dan digital, Siemens membantu pelanggan mempercepat transformasi digital dan keberlanjutan, membuat pabrik lebih efisien, kota lebih layak huni, dan transportasi lebih berkelanjutan. Siemens juga memiliki mayoritas saham di Siemens Healthineers, penyedia teknologi medis global terkemuka yang membentuk masa depan perawatan kesehatan. Pada tahun fiskal 2023, hingga 30 September 2023, Grup Siemens menghasilkan pendapatan sebesar €74,9 miliar dan laba bersih sebesar €8,5 miliar. Per 30 September 2023, Siemens mempekerjakan sekitar 305.000 orang di seluruh dunia.

PT Siemens Indonesia (Jakarta) adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada transformasi di bidang industri, infrastruktur, dan energi. Selama hampir 170 tahun, Siemens telah menghadirkan teknologi yang membantu berbagai industri di Indonesia menjadi lebih efisien dan berkelanjutan. Siemens memiliki satu fasilitas produksi swtichgear tegangan menegah dan tegangan rendah, serta lebih dari 500 karyawan di Indonesia.

Baca Juga: Siemens Healthineers Bantu Deteksi Dini Kanker Payudara di Timor Leste

Selanjutnya: Penjualan Obligasi untuk Biaya Perang Ukraina Melawan Rusia Meningkat

Menarik Dibaca: Selama Perpanjangan Relasi, Penumpang KA Blambangan Ekspres Meningkat Jadi 104.801

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti