Siemens Indonesia Teken MoA dengan ITB, Percepat Transformasi Digital Keberlanjutan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan teknologi yang berfokus pada industri dan infrastruktur, PT Siemens Indonesia menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Agreement (MoA) untuk pengembangan Program Digital Twin Ekosistem atau The Development of the Digital Twin Ecosystem Program (D2TEP).

Presiden Direktur dan CEO Siemens Indonesia, Lamine Jendoubi mengatakan, nota kesepakatan ini untuk pengembangan program D2TEP. Program Digital Twin Ekosistem ini akan berbasis perangkat lunak SIMIT dari Siemens dan berfokus pada percepatan pengembangan ekosistem untuk pemodelan dan simulasi pabrik menggunakan platform simulasi SIMIT dari Siemens.

Lebih lanjut, platform ini memungkinkan pengujian yang komprehensif pada aplikasi otomasi dan menghadirkan sebuah lingkungan pelatihan yang realistis untuk operator sebelum sistem beroperasi.


Baca Juga: Inilah Berbagai Masalah dalam Proyek LRT Jabodebek

Lamine menuturkan, pengembangan Program Digital Twin Ekosistem Teknologi menjadi tulang punggung dari transformasi pembangunan di Indonesia. Apalagi, Indonesia terus tumbuh dengan cepat dan berkeinginan untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di dunia pada tahun 2045.

Digitalisasi, kata Lamine, akan menjadi fokus pengembangan infrastruktur di Indonesia di masa depan, termasuk transisi energi dan industri. 

Fokus Seimens Indonesia membuat transformasi digital menjadi lebih mudah, cepat, dan berskala besar sehingga bisnis dan masyarakat dapat menjadi lebih tangguh dan berkelanjutan.

"Beberapa tahun mendatang akan sangat menarik, tentunya tidak hanya bagi Siemens saja, tetapi dampak umum dari kehadiran Siemens untuk bisnis dan masyaraka di Indonesia," kata Lamine di Jakarta, Selasa (15/8).

Lamine menuturkan, nota kesepahaman dengan ITB ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja masa depan yang memiliki kompetensi teknis dan siap kerja sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan masyarakat.

Baca Juga: Erick Thohir: Mundurnya Uji Coba LRT Bukan Karena Ada Masalah pada Sistem

"Siemens memiliki hubungan yang telah terjalin baik dengan ITB sebagai salah satu universitas teknologi," ujar Lamine

Dalam perjalanannya, Siemens telah berusia 50 tahun sejak berdiri dan memiliki 6 fokus industri yang digarap oleh Siemens Technology Marketplace seperti ketenagalistrikan, perkotaan, pusat data, makanan & minuman, pulp & kertas, dan pertambangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi